Kementerian Perindustrian, Disperindag Sulsel dan Disdag Makassar Kolaborasi Gelar Bimtek Sertifikasi TKDN

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kementerian Perindustrian bersama dengan Dinas Perindag Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Perdagangan Kota Makassar menggelar sosialisasi dan Bimtek (Bimbingan Teknis) Pendaftaran Sertifikasi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) untuk Industri Kecil.

Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi pendaftaran sertifikat TKDN, khususnya bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM). Tak hanya itu, ini juga untuk mendorong peningkatan sertifikasi TKDN dalam industri kecil.

Sertifikasi TKDN menjadi penting karena akan memberikan peluang bagi pelaku industri kecil untuk berpartisipasi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, yang pada akhirnya akan meningkatkan penggunaan produk lokal.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar Arlin Ariesta menyatakan kegiatan ini juga merupakan bukti nyata keberpihakan pemerintah terhadap industri kecil dan menengah.

Hal itu, kata Arlin, sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 46 Tahun 2022. "Ini adalah bentuk konkret keberpihakan pemerintah kepada industri kecil, salah satunya dengan memberikan kemudahan dalam mendapatkan sertifikat TKDN," ujar Arlin, Rabu (21/6/2023).

Arlin berharap sosialisasi dan Bimtek ini diharapkan dapat membantu para pelaku industri kecil memahami dan mengikuti proses pendaftaran sertifikasi TKDN dengan baik.

"Dengan adanya partisipasi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, penggunaan produk lokal akan semakin dioptimalkan," tutup Arlin. (sasa/B)

  • Bagikan