Unhas Edukasi Masyarakat Soal Pemilu

  • Bagikan

MAKASSSR, RAKYATSULSEL - Departemen Ilmu Politik Fisip Universitas Hasanuddin (Unhas) yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang, Enrekang, dan Toraja menggelar pengabdian masyarakat dengan melakukan edukasi soal Pemilu 2024.

Kegiatan tersebut mengusung tema Sosialisasi Pendidikan Politik dan Pemilu 2024 yang bertujuan untuk meningkatkan pendidikan politik dan kesadaran mengenai Pemilu.

"Kami komitmen kuat dalam mendorong terciptanya masyarakat yang demokratis. Melalui serangkaian kegiatan ini, Departemen berusaha untuk membangun kesadaran politik, pengetahuan, serta partisipasi aktif di kalangan masyarakat setempat," kata Ketua Departemen Ilmu Politik, Yakub, Selasa (20/6/2023).

Menurutnya, kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mereka tentang hak-hak mereka, tanggung jawab, serta pentingnya hak pilih.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini menjadi wadah untuk mendiskusikan proses pemilu, sistem pemilihan, dan peran warga dalam membentuk lanskap politik.

"Dan untuk memupuk rasa tanggung jawab kewarganegaraan dengan mendorong individu untuk terlibat aktif dalam proses politik," tuturnya.

Yakub juga menyampaikan, kegembiraannya atas keberhasilan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Beliau menyatakan.

Ia menyakini dan percaya bahwa pendidikan politik dan partisipasi aktif merupakan pilar penting dalam membangun demokrasi.

"Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberdayakan individu dengan pengetahuan dan membangun rasa tanggung jawab kewarganegaraan, sehingga mereka dapat berkontribusi secara positif dalam proses politik negara kita," terangnya.

Mewakili Departemen Ilmu Politik Unhas mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, organisasi masyarakat, dan semua peserta yang telah aktif terlibat dan memberikan dukungan dalam menjadikan acara ini sukses.

"Departemen Ilmu Politik tetap berkomitmen untuk terus melakukan pendidikan politik dalam meningkatkan keterlibatan dan kesadaran warga, dengan tujuan utama memperkuat demokrasi dalam masyarakat kita," pungkasnya. (Suryadi?A)

  • Bagikan