Komjen Pol Gatot Eddy Pensiun, 4 Kandidat Siap Isi Posisi Wakapolri

  • Bagikan
Komjen Pol Gatot Eddy Pramono

MAKASSAR, RAKYATSULSEL -- Masa jabatan Komjen Pol Gatot Eddy Pramono sebagai wakapolri berakhir pada akhir Juni seiring memasuki masa pensiun pada 28 Juni. 

Setidaknya ada 4 nama jenderal di kepolisian yang masuk bursa calon wakapolri pengganti Komjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Seperti diberitakan PojokSatu (FAJAR Group), beberapa nama masuk dalam kandidat calon Wakapolri untuk mendampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Trimedya Pandjaitan mengungkap setidaknya empat nama kandidat yang akan menggantikan Komjen Gatot Eddy sebagai wakapolri.

Nama-nama kandidat calon Wakapolri di antaranya Komjen Pol Fadil Imran yang saat ini menjabat Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto (Kabareskrim Polri), Komjen Pol Ahmad Dofiri (Irwasum Polri) , hingga Komjen Pol Purwadi Arianto (Kalemdiklat Polri).

"Saya sudah dengar soal kandidat calon pengganti Wakapolri. Ada Pak Purwadi, kemudian Pak Fadil Kabaharkam, Pak Dofiri, juga nama-nama yang kita dengar Pak Kabareskrim Komjen Agus Andrianto. Nama itu kita dengar dan idealnya menurut saya, orang-orang itu apakah benar salah satu yang tadi disebutkan,” kata Trimedya kepada wartawan, Kamis (22/6).

Mekanisme pergantian Wakapolri memang wewenang internal Mabes Polri. Namun, Trimedya yakin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan terlebih dahulu berkonsultasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menentukan sosok yang akan mendampinginya sebagai Wakapolri.

“Tentu harapan kita, pertama, bisa bersinergi dengan Kapolri. Kedua, bisa membantu Kapolri untuk menuntaskan prilaku anggota Polri,” ucap Trimedya.

Tak hanya itu, Trimedya mengingatkan agar Polri senantiasa menjaga integritas jelang tahun politik. Siapapun yang akan menggantikan Wakapolri nantinya harus bisa menjaga netralitas menjelang Pemilu 2024.

  • Bagikan