Pendaftaran PPDB SD/SMP Makassar Dimulai, Disdik Jamin Server Diskominfo Tanpa Kendala 

  • Bagikan
PPDB 2023

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 tingkat SD dan SMP di Kota Makassar  jalur zonasi mulai dibuka. Pendaftaran telah dimulai sejak tanggal 24 Juni lalu dan akan berlangsung hingga tanggal 28 Juni 2023.

Namun dalam pelaksanaannya, pendaftaran PPDB biasanya memiliki kendala pada server sehingga mengganggu proses pendaftaran. Seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pendidikan Makassar Muhyiddin, memastikan tidak akan ada masalah seperti tahun sebelumnya dalam PPDB kali ini.

Muhyiddin optimis  kemampuan server milik Dinas Komunikasi dan Informatika untuk digunakan dengan lancar dalam pelaksanaan PPDB. "Tidak ada masalah, seperti tahun lalu," kata Muhyiddin, Minggu (25/6).

Muhyiddin juga telah mengeluarkan edaran terbaru mengenai pelaksanaan PPDB untuk tahun ajaran 2023/2024. Edaran ini mengacu pada Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 7978/A5/HK.04.01/2023.

Sementara itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar memastikan bahwa server yang disiapkan oleh Diskominfo dapat mengakomodir proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini. Bahkan, cukup layak untuk digunakan dalam PPDB. 

"Yang jelas kami standby (siap), karena server kami cukup layak untuk digunakan," ucap Ismawaty.

Ismawaty mengatakan pihaknya optimis tidak akan terjadi kendala pada server selama proses PPDB berlangsung. Karena, kapasitas server yang dimiliki sangat besar. "Kami punya server banyak kapasitasnya," ucap Ismawaty.

Karena besarnya kapasitas server yang dimiliki oleh Diskominfo Makassar, Ismawaty berharap organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkot Makassar dapat menggunakan server dari Diskominfo Makassar.

Sehingga tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk mendapatkan server baru, penggunaan dan pengelolaan server tersebut akan ditangani dengan baik oleh Diskominfo Makassar.

"Justru kami berharap OPD itu memakai server kami, tidak perlu mengadakan server, cukup di Kominfo. penggunaan dan pengelolaannya cukup," tutup Ismawaty.

Pendaftaran PPDB SD dan SMP di Kota Makassar mulai dibuka pada tanggal 24 - 28 Juni 2023 untuk jalur zonasi dan pengumuman pada tanggal 29 Juni 2023. Lalu, pendaftaran ulang dapat dilakukan pada tanggal 30 Juni hingga 1 Juli 2023.

Sedangkan, jadwal pendaftaran untuk jalur non zonasi dibuka pada tanggal 2 - 5 Juli 2023 dan pengumuman pada tanggal 6 Juli 2023. Serta pendaftaran ulang untuk jalur non zonasi pada tanggal 7 - 8 Juli 2023. (Sas/B)

  • Bagikan