PT Pelni Persero Umumkan Penyesuaian Tarif Kapal Penumpang dan Kapal Perintis, Berlaku Mulai 1 Juli 2023

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - PT Pelni Persero mengumumkan penyesuaian tarif untuk kapal penumpang dan kapal perintis yang berlaku mulai 1 Juli 2023.

Namun, Pelaksana harian (plh) Kepala Cabang Pelni Makassar, Andi Basse mengatakan, bagi penumpang yang sudah membeli tiket sebelum tanggal 1 Juli 2023, tarif lama masih tetap berlaku.

"Contohnya, penumpang membeli tiket sebelum tanggal 1 Juli dengan tujuan Papua tapi keberangkatannya di bulan Juli itu tetap tarif lama," terang Andi Basse, saat ditemui usai konferensi pers Sosialisasi PM 7 dan PM 8 yang berlangsung di Hotel Gammara Makassar, Selasa (27/6).

Andi Basse menjelaskan salah satu pertimbangan utama dalam penyesuaian tarif ini yakni dalam kurun waktu 21 tahun tarif perjalanan kapal perintis tidak mengalami penyesuaian.

Begitu pun, kata Andi Basse, pada tarif perjalanan kapal penumpang yang tidak mengalami penyesuaian selama enam tahun.

Penyesuaian tarif ini juga sesuai dengan Instruksi dari Kementerian Perhubungan pada Peraturan Menteri Perhubungan No PM 7 Tahun 2023 Tentang Tarif Angkutan Laut Perintis.

Serta, Peraturan Menteri Perhubungan No PM 8 Tahun 2023 Tentang Tarif Batas Atas Kewajiban Pelayanan Publik Bidang Angkutan Laut Untuk Penumpang Kelas Ekonomi.

"Kami sebagai operator yang mendapatkan tugas. Kami melaksanakan itu dan mendukung kebijakan itu," ujar Andi Basse.

Andi Basse menerangkan penyesuaian tarif ini menjadi kesempatan bagi PT Pelni untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan.

Bahkan, sebelum penyesuaian tarif, kata Andi Besse, PT Pelni beberapa perbaikan sudah dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan.

Meski begitu, Andi Basse tidak menampik akan adanya dampak dari penyesuaian tarif ini yang kemungkinan akan mempengaruhi tingkat okupansi penumpang.

Namun, Andi Basse menyebut pihaknya tetap optimis dengan penyesuaian tarif ini, pelayanan yang diberikan ke penumpang dapat ditingkatkan.

Tak hanya itu, hingga memberikan kemudahan pada penumpang dalam memperoleh tiket akan menjadi lebih baik di masa mendatang.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan demi kepuasan pelanggan," ucap Andi Basse. (Sas/B)

  • Bagikan