10 Besar Calon Komisioner KPU di Zona V: Minim Keterwakilan Perempuan

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Tim seleksi (Timsel) Zona V meliputi Sinjai, Bantaeng, dan Palopo telah mengumuman 10 besar nama-nama calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) hasil tes kesehatan dan wawancara.

Hal itu berdasarkan berita acara tim seleksi nomor 29/TIMSELKK-GEL 5BA/04/73/2023 tanggal 29 Juni 2023 tentang hasil tes kesehatan dan tes wawancara bakal calon anggota KPU Kabupaten Bantaeng periode 2023-2028.

Dari 30 nama di tiga daerah tersebut tidak memenuhi kuota keterwakilan 30 persen perempuan.

Jika dilihat daftar 10 besar, setiap daerah hanya terdapat satu perempuan, yakni Idiyamin (calon anggota KPU Bantaeng) Nikmah (calon anggota KPU Sinjai) dan Nurmaningsi (calon anggota KPU Palopo).

Juru bicara Timsel KPU Zona V, Muh Maulana menyampaikan bahwa dari 30 nama tersebut terdapat tiga calon perempuan yang menjadi representasi calon penyelenggara pemilu 2024.

"Kalau dilihat ada tiga perempuan mewakili di 3 daerah itu. Jadi intinya ada kan keterwakilan," ungkapnya kepada Harian Rakyat Sulsel, Minggu (2/7/2023).

Dirinya menegaskan, dalam aturan PKPU tidak ada secara spesifik berapa orang keterwakilan perempuan dalam seleksi ini.

"Jadi, kami hanya menjalankan tugas. Kalau total berapa banyak (yang harus diseleksi kuota perempuan) tidak ada. Yang pasti ada keterwakilan perempuan dalam seleksi ini," terangnya.

Maulana menyatakan, timsel sudah menjalankan tugas menerima saran dan masukan dari masyarakat umum. Itu sudah dijalankan.

Menurutnya, pihakny telah bekerja secara independen dan sesuai tahapan. Oleh sebab itu, pasca pengumuman 10 besar, timsel akan menyerahkan 30 nama tersebut ke KPU RI dan KPU Sulsel untuk ke tahap berikutnya.

"Hasil ini 30 nama di tiga daerah akan kami serahkan ke KPU RI. Tahapan penyerahan hasil seleksi ini juga menandai berakhirnya masa tugas kami dalam penyelenggaraan seleksi calon anggota KPU Sinjai, calon anggota KPU Bantaeng, dan calon anggota KPU Kota Palopo," terangnya. (Suryadi/B)

  • Bagikan