UKM Start Up Unhas Raih Pendanaan PPK Ormawa, Kembangkan Aplikasi dan Pengolahan Sampah,

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Start Up Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali meraih pendanaan pada Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2023. Sebelumnya, UKM ini juga mendapat pendanaan serupa di tahun 2022.

Program PPK Ormawa merupakan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tahun ini, total subproposal yang dikirim oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia mencapai 2.210. Setelah melalui seleksi yang ketat, terpilihlah 608 subproposal untuk menerapkan program pengabdian, salah satunya adalah UKM Start Up Unhas dengan judul Rumah Olah.

PPK Ormawa Rumah Olah ini melibatkan 15 anggota UKM Start Up dengan dosen pendamping Sahriyanti Saad S.Hut M.Si Ph.D. Rumah Olah mengusung konsep sistem pengolahan sampah secara sirkular dengan mekanisme pengelolaan menjadi produk akuaponik, pupuk, dan budidaya maggot yang akan kembali didistribusikan kepada masyarakat.

Sebagai UKM yang fokus pada pengembangan entrepreneur berbasis digital, UKM Start Up mewujudkan program Rumah Olah dengan pemanfaatan teknologi aplikasi bernama olah.ind. Aplikasi ini sebagai media yang mempermudah pengumpulan sampah dan distribusi produk olahan yang dihasilkan.

  • Bagikan