Mahasiswa KKN PMM UNM 2023 Gelar Pelatihan Hidroponik Rumah Tangga di Desa Pancana

  • Bagikan
Pelatihan Hidroponik Rumah Tangga oleh Mahasiswa KKN PMM UNM 2023, di Desa Pancana, Kabupaten Barru, Selasa (11/7).

BARRU, RAKYATSULSEL - Universitas Negeri Makassar (UNM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Jurusan Matematika dan Jurusan Biologi melakukan pelatihan hidroponik rumah tangga dalam rangka pelaksanaan program kerja Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakaat oleh Mahasiswa (KKN PMM) tahun 2023 di Aula Baruga Desa Pancana hari Selasa Pukul 13.00 (11/07).

Pelatihan hidroponik mengangkat tema Penguatan Ketahanan Pangan Budidaya Tanaman Sistem Hidroponik di Pesisir Pancana Kabupaten Barru yang dihadiri langsung oleh Kepala Desa Pancana dan segenap staf jajarannya, Dr. Asdar. S.Pd. M.Pd selaku Kepala DPL (Dosen Pendamping Lapangan), Prof. Dr. Drs. Adnan. M.S selaku DPL dan pemateri, Suhardi Aldi, S.Pd. M.Pd selaku pemateri, Ketua BPD dan jajarannya, Babinsa Desa Pancana, Kepala Sekolah Desa Pancana, Ketua PKK Desa Pancana, Tokoh Masyarakat Desa Pancana, dan tamu undangan, serta seluruh peserta KKN PMM 2023, Universitas Negeri Makassar.

Dr. Asdar, S.Pd. M.Pd selaku ketua DPL sekaligus ketua jurusan Matematika menyampaikan mengenai mekanisme program KKN PMM 2023 Universitas Negeri Makassar dalam sambutannya, yaitu terdiri dari 6 tahapan yaitu edukasi melalui pembelajaran dan pelatihan, budidaya yang sasarannya adalah karang taruna dan remaja masjid, rumah tangga, dan sekolah (pendidik dan peserta didik), monitoring evaluasi pembinaan, kompetisi, pemasaran digital, dan keberlanjutan.

Pemberian materi terdiri dari budidaya tanaman Holtikultura di daerah pesisir oleh Prof. Dr. Drs. Adnan, M.S. dan Tatacara membuat Hidroponik oleh Suhardi Aldi, S.Pd. M.Pd dan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolik untuk hidroponik pipa dari ketua DPL ke Kepala Desa Pancana, hidroponik sederhana gabus dari DPL ke ibu ketua PKK, Kepala Dusun Pancana, Kepala Dusun Kaworo, dan Kepala Dusun Cenrapole, serta hidroponik sederhana botol dari Suhardi Aldi, S.Pd. M.Pd selaku pemateri ke perwakilan sekolah. (*)

Citizen Reporter: Zhalfariani Narsan

  • Bagikan