Hamka B Kady Pemdes Awasi Eksistensi Pelaksanaan BUMDes

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady.

CIREBON, RAKYATSULSEL - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sejatinya didesain untuk memakmurkan desa. Dengan BUMDes diharapkan muncul sentra ekonomi baru guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal itu dikatakan Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady dalam Kunjungan Kerja Spesifik DPR RI Komisi V terkait BUMDes Mitra Usaha Bangun Desa, di Desa Ciawigajah, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, Selasa 11 Juli 2023.

"Bahwa desa adalah tumpuan segalanya. Desa adalah perangkat pemerintahan terdepan untuk melayani rakyat. Pemerintah harus hadir setiap saat memecahkan masalah, memberi solusi. Baik ekonomi, sosial, maupun pembangunan infrastruktur desa," tutur Hamka.

Politisi Partai Golkar itu berharap, perkembangan BUMDes terus diawasi oleh perangkat desa dibawah koordinasi bupati agar keberadaannya mampu membawa perubahan signifikan bagi kesejahteraan masyarakat desa.

Jangan sampai sebaliknya, BUMDes malah tak terkelola dengan baik, bahkan digerogoti penyelewengan aparatur desa.

"Untuk kedua kalinya saya kunjungan kerja dengan agenda yang sama terkait BUMDes, dua-duanya ini memberikan gambaran bahwa perekonomian desa mulai tumbuh. Kalau semua desa di seluruh republik ini bertumbuh ekonominya dengan baik maka perekonomian nasional akan stabil dan meningkat pesat," papar Hamka.

"Saya ingin mengingatkan aparat pemerintah desa di bawah koordinasi bupati, harus benar-benar mengawasi eksistensi pelaksanaan BUMDes. Jangan sampai hanya sekedar simbol dan tidak ada manfaat bagi pembangunan dan peningkatan pendapatan masyarakat desa. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional," Hamka melanjutkan.

Termasuk kepada pelaksana unit desa, Legislator dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan I ini agar merekrut tenaga yang menguasai bisnis dan berjiwa entrepreneur.

"Hampir semua BUMDes berjalan baik. Tapi jangan sampai BUMDes ini digerogoti oleh orang-orang yang bermasalah sehingga tidak terulang cerita yang jelek-jelek di masa lalu. Mari kita pikirkan bahwa BUMDes sifatnya permanen, bukan sekedar simbol dan sementara saja. Untuk meningkatkan ekonomi desa," terangnya. (*)

  • Bagikan