Dinas PU Manfaatkan Kontainer Terpadu Sebagai Wadah Sosialisasi Terkait Pelayanan PAL Domestik

  • Bagikan
Dinas PU Makassar melakukan sosialisi kepada warga di Konter terkait pelayanan PAL di Konter yang berlokasi di Kelurahan Maricaya Selatan, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, Senin (17/7).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto secara resmi menghadirkan Kontainer Terpadu (Konter) sebagai pusat layanan publik yang menawarkan berbagai pelayanan kepada masyarakat

Salah satu fokus pelayanan di Konter tersebut adalah informasi dan layanan terkait Pengelolaan Air Limbah (PAL).

Dalam upaya memaksimalkan peran Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengolahan Air Limbah (UPT PAL) secara intensif memanfaatkan Konter sebagai wadah sosialisasi dan pemberdayaan masyarakat terkait sistem PAL domestik. 

Contohnya terlihat di Konter yang berlokasi di Kelurahan Maricaya Selatan, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, pada hari Senin (17/7).

Acara sosialisasi dihadiri oleh Lurah Maricaya Selatan, Andi Takdir, perwakilan Camat Mamajang, dan Kasubag Tata Usaha (KTU) UPT PAL Makassar, Kerlinus.

 Sosialisasi ini diikuti oleh 45 peserta, termasuk warga, Pj RT/RW, serta staf kelurahan. Muhammad Arif, SH, MH dari UPT PAL Dinas PU Makassar hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut.

Dalam sosialisasi tersebut, Muhammad Arif menjelaskan berbagai topik terkait pengelolaan air limbah domestik, jenis-jenis air limbah, pengertian septic tank, pengelolaan IPAL Komunal, dan pengelolaan IPAL Losari secara non-teknis.

Dalam sesi diskusi yang dimoderatori oleh Hamdayanti, sejumlah peserta dari warga dan Pj RT/RW mengajukan pertanyaan seputar pengerjaan IPAL, kebersihan air, dan penganggaran iuran IPAL Losari.

Selain menjalankan fungsi sosialisasi, UPT PAL Dinas PU Kota Makassar juga mempromosikan jasa penyedotan limbah rumah tangga kepada masyarakat, serta menjelaskan kemudahan pembayaran melalui metode Qris.

Dengan adanya Konter ini, diharapkan masyarakat dapat memperoleh informasi yang berguna mengenai pengelolaan air limbah, sambil memanfaatkan pelayanan yang disediakan oleh Dinas PU Kota Makassar dengan lebih mudah dan efisien.

 Pendekatan yang dilakukan oleh UPT PAL ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pengelolaan air limbah dan kontribusi mereka dalam menjaga kebersihan lingkungan. (Shasa/B)

  • Bagikan