Hamka B Kady Sidak Pembangunan Recovery Jalan Poros Pamatata – Pattumbukang

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady saat melakukan inspeksi mendadak pembangunan recovery Jalan Poros Pamatata - Pattumbukang.

SELAYAR, RAKYATSULSEL - Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady melakukan inspeksi mendadak pembangunan recovery jalan berupa pengaspalan, pelebaran sekaligus pembuatan tanggul pengaman abrasi saat melintasi poros Pamatata - Pattumbukang, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Kamis (20/7/2023) sore.

Proyek jalan nasional yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini menelan anggaran sebesar Rp42 miliar bersumber dari APBN.

Khusus untuk tanggul penahan abrasinya didesain untuk menahan muka air laut agar tidak membanjiri muka jalan atau mencegah potensi terjadinya longsor.

"Namanya proyek preservasi jalan. Artinya proyek penanganan jalan, pencegahan, perawatan, dan perbaikan yang diperlukan," jelas Hamka.

"Sementara pengaman air sungai dan laut ini akan melindungi pantai dari resiko abrasi dan erosi. Sebelumnya disini mengalami abrasi akibat longsor," lanjutnya.

Proyek preservasi jalan ini dikerjakan sekaligus dengan pembuatan tanggul untuk mempertahankan kondisi jalan agar tetap berfungsi secara optimal melayani lalu-lintas sehingga umur rencana yang ditetapkan dapat tercapai.

"Menurut koordinator proyek di lapangan ditargetkan selesai Oktober tahun ini. Karena memang anggarannya harus tahun ini," ungkapnya.

Pada peninjauan tersebut, Hamka juga ingin memastikan penggunaan bahan aspal agar sesuai dengan kondisi dan kontur jalan.

"Alhamdulillah aspalnya baik, sesuai spek, kontraktornya juga bagus. Sehingga saya harapkan kualitas jalan dipertahankan," papar Legislator Partai Golkar asal Sulsel tersebut. (*)

  • Bagikan