Wakil Ketua KNPI Sulsel Sarankan Tes Narkoba Siswa SMA/SMK

  • Bagikan
Amirullah Putra

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wakil Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel, Amirullah Putra menyarankan agar sekolah melakukan tes narkoba kepada peserta didik SMA/SMK sederajat.

Amirullah mengatakan, hal itu bertujuan untuk mendeteksi dini penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Apalagi kata dia, angka penyalahgunaan narkoba di Sulsel mengalami kenaikan yang sangat drastis.

"Deteksi dini penyalahgunaan narkoba untuk pelajar SMA/SMK itu sangat penting. Sekolah bisa bekerjasama dengan BNN untuk itu (tes urine narkoba), agar generasi muda kita tidak lebih terjerumus," kata Amirullah, Selasa (1/8/2023).

Berdasarkan penelitian dari BNN dengan BRIN dan BPS tahun 2021, Sulsel masuk urutan ke 16 dari 34 provinsi di Indonesia dengan tingkat penyalahgunaan narkoba. Bahkan Angka ini sangat meningkat dari 1,10% menjadi 1,38% pada tingkat pelajar sekolah SMA/SMK bahkan di tingkat mahasiswa.

"Ini juga untuk mewujudkan sekolah bebas narkoba, sehingga peserta didik bisa menjauhi barang haram tersebut agar tercipta generasi muda yang sehat lahir dan batin," tegasnya. (*)

  • Bagikan