Penerapan ETLE Dimaksimalkan

  • Bagikan
Dirlantas Polda Sulsel saat berkunjung ke Kantor Harian Rakyat Sulsel (28/7)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL — Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulsel siap berkolaborasi dengan pemerintah wilayah dalam mengatasi masalah kemacetan. Khususnya di Kota Makassar.

Untuk merealisasikan itu, Ditlantas telah mempersiapkan program pengembangan penerapan ETLE atau electronic traffic law enforcement dengan menggunakan teknologi terkini. Berupa ETLE Handphone dan Mobile yang mempunyai kemampuan mendeteksi batas kecepatan dan pelanggaran lainnya.

Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Dr I Made Agus Prasatya mengatakan, program itu sebagai upaya mendukung Kota Makassar sebagai kota pintar atau Smart City yang berada diurutan ke-114 dari 141 kota di dunia.

Daftar kota pintar dunia itu kata I Made Agus, dirilis IMD World Competitivene Center melalui Smart City Index (SCI) Report 2023. Makassar masuk dalam daftar berkat


sejumlah capaian yang baik. Seperti akses informasi pemerintahan, ketersediaan layanan medis, transportasi publik, hingga ketersediaan lapangan kerja baru.

Namun Makassar memiliki beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian. Antara lain terkait kemacetan.

"Kami menyadari, untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Kota Makassar perlu inovasi berbasis teknologi," ucap Made Agus, kemarin.

  • Bagikan