Pengusulan Pj Gubernur Alot, NasDem Gabung PAN dan PPP Perkuat Jufri Rahman

  • Bagikan
Ilustrasi

Bro Rivai dan Prof Aswanto Potensi Dicoret

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Penentuan nama Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel di DPRD Sulsel, berjalan alot (tidak mulus). Dari 4 nama disepakati fraksi sejak awal pengusulan di DPRD Sulsel, belum ada jalan keluar untuk 3 nama hingga jelang Paripurnah pengesahan, Selasa (8/8/2023).

Awalnya, ada 4 nama bertahan untuk  ditentukan 3 nama. Dengan adanya ketidaksepakatan antara fraksi dan pimpinan DPRD soal nama-nama diusul. Maka penentuan sosok Pj Gubenur yang akan diusulkan berujung voting lewat rapat paripurna yang akan dipilih 85 anggota DPRD Sulsel.

Fraksi NasDem bersama PAN dan PPP mempertahankan nama Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kemenpan RB Jufri Rahman sebagai calon Pj Gubernur Sulsel.

Ketua Fraksi NasDem DPRD Sulsel, Ady Ansar menyebut rapat pimpinan bersama DPRD semalam berakhir deadlock.

Sedangkan pada siang hari ini para pimpinan DPRD dan fraksi melakukan konsultasi bersama.

"Rapat semalam deadlock. Rapat hari ini sebenarnya tidak ada. Hari ini sebenarnya konsultasi biasa untuk mencari jalan keluar ini," tuturnya ketika ditemui di DPRD Sulsel, Selasa, (8/8/2023).

Rapat Paripurna yang seharusnya digelar pukul 15.00 WITA sore hari ini kini ditunda ke pukul 20.00 WITA. Harusnya sudah mulai rapat jam 3 tadi.

"Pertama kita tetap coba mediasi kemungkinan musyawarah mufakat. Tapi kalau itu sudah tidak ada, kita bicara mekanisme untuk sebentar malam," ujarnya.

Rencananya, akan dilakukan voting tertutup jika empat nama masih bertahan. “Voting tertutup. Sesuai tatib kalau menyangkut orang, itu voting tertutup,“ ujar Ady Ansar.

  • Bagikan