Dorong Peningkatan UMKM, ARW Ajak Warga Makassar Buat Sabun Rumahan

  • Bagikan
Anggota Komisi VII DPR RI, Ridwan Andi Wittiri (ARW) berfoto bersama peserta pelatihan pembuatan sabun rumahan.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Anggota Komisi VII DPR RI, Ridwan Andi Wittiri (ARW) meminta kepada warga Kota Makassar agar bisa meningkatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pembuatan sabun rumahan.

Hal ini disampaikan ARW saat ratusan warga Makassar diberikan pelatihan Pembuatan sabun melalui Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Novotel Hotel Makassar, Jum'at (11/8/2023).

"Saya berharap pelatihan ini dapat diikuti oleh bapak/ibu dan ilmu yang dapat bisa diajarkan oleh pada keluarga dan masyarakat sekitar kita agar mereka juga bisa membuat sabun," kata Ridwan Andi Wittiri.

ARW menyebutkan pembuatan sabun ini bisa menjadi lahan bisnis dan peluang membuka lapangan kerja, sehingga perekonomian masyarakat bisa meningkat.

"Ini luar biasa, kita bisa mendapatkan nilai ekonomi. Kalau modalnya saya dengar cuma berapa saja dan kita juga menjual melalui online," ujar Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel ini.

Namun ARW memberikan pesan kepada BRIN agar warga yang dilatih terus dilakukan pendampingan sampai memiliki hak paten.

"Harus didaftarkan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan hak paten juga harus ada, jangan sampai diklaim juga oleh orang lain," jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan