TMMD 117 Merajut Asa Masyarakat dengan Semangat Kemanunggalan

  • Bagikan
Jalan tani hasil kerja TMMD 117 Reguler Takalar, merupakan jalan penghubung antara Kelurahan Bontokadatto dengan Kelurahan Canrego, Kecamatan Polongbangkeng Selatan, Kabupaten Takalar

Kaharuddin, selaku Lurah Bontokadatto mengakui, kegiatan TMMD mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam menunjang perekonomian masyarakat di wilayahnya yaitu akses jalan tani, apabila akses jalan telah membaik tentu akan memudahkan mobilisasi pertanian warga setempat.

"Dengan dibangunnya akses jalan tani, diharapkan hasil panen para petani dapat meningkat. Misal semula hanya dua kali panen dalam setahun, mungkin saja bisa meningkat menjadi tiga kali panen dalam setahunnya. Langkah ini juga bertujuan untuk memecahkan permasalahan para petani lain yang selama ini kesulitan dalam mengangkut hasil kebunnya, " kata Kaharuddin.

Tak hanya itu, sasaran fisik lainnya yang telah dikerjakan selama masa TMMD 12 Juli-10 Agustus 2023, yakni pembuatan talud sepanjang 2.800 meter, pembuatan jembatan 2 M x 4,5 M, plat dueker 1 buah dan pembuatan gorong-gorong di tiga titik.

Sasaran fisik lainnya yang telah disukseskan adalah Renovasi Rumah Tidak Layak Huni atau RTLH. Kali ini Daeng Simba yang beruntung dan dirasa layak untuk mendapatkan manfaat RTLH. Adapun ia merupakan seorang janda yang sehari-harinya berjualan sayur.

Dirinya sangat bersyukur dengan program itu, karena merasa tak mampu untuk membeli material rumah dan jasa sewa tukang yang semakin tinggi. "TNI hadir memperbaiki rumah saya, tidak ada sepeserpun biaya yang saya keluarkan dan bisa sekarang anda lihat sendiri rumah saya alhamdulillah, sangat cantik, terima kasih TMMD," ujarnya.

Selain sasaran fisik, TNI ternyata mengedepankan totalitasnya dengan memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat. Satgas TMMD Reguler ke 117 Kodim 1426/Takalar Korem 141/Toddopuli Kodam XIV/Hasanuddin, menggandeng Dinas Kesehatan Takalar menggelar penyuluhan kesehatan yang dilaksanakan di Kantor Lurah Bontokadatto Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar 20 Juli 2023 lalu.

Dalam kegiatan ini mengajarkan dan memberikan informasi terkait bagaimana menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, dikarenakan sebagian masyarakat belum memahami terkait penerapan kesehatan.

Selain penyuluhan kesehatan, TNI juga memberikan penyuluhan Kamtibmas kepada masyarakat. Menggandengan kepolisian, penyuluhan dibawakan oleh Kasat Binmas Polres Takalar, AKP Supriadi yang pada kesempatan tersebut berpesan agar masyarakat harus bersikap mawas diri, waspada dan peduli dengan lingkungan sekitar. "Dengan adanya beberapa gejolak di berbagai tempat, untuk itu mari kita sama-sama menjaga Kamtibmas dengan cara yang baik, "ujarnya.

Lanjut dia, masalah Kamtibmas bukan semata-mata tanggung jawab polisi saja, namun menjadi tanggung jawab semua pihak, baik aparat keamanan, pemerintah, dan seluruh warga masyarakat secara terpadu mengupayakan kondisi Kamtibmas yang terkendali.

Kapten Inf Muhammad Nur selaku Pasiter Kodim 1426/Takalar, juga berpesan kepada seluruh pihak untuk menjaga sikap dan Kamtibmas dimanapun kita berada.

Masalah lainnya yang tak kalah genting dalam suatu wilayah adalah masalah sanitasi. Dalam sasaran tambahan kali ini, TMMD membangun sarana MCK (Mandi Cuci Kakus) di dua titik lokasi untuk warga. Tujuannya tak lain dan tak bukan guna meningkatkan pola hidup masyarakat menjadi lebih sehat. Hal itu berangkat dari minimnya fasilitas MCK untuk warga itu sendiri. Sebanyak enam personel TNI diterjukan dalam program MCK ini.

Pihaknya berharap, dengan adanya pembangunan MCK ini bisa digunakan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat menuju hidup bersih dan sehat.

Kendati demikian, beberapa sasaran nonfisik yang telah telaksana, antara lain; penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan perikanan, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pemilu, pembagian sembako kepada anak stunting serta kepada masyarakat kurang mampu. Sementara untuk sasaran tambahan yang telah terlaksana selain RTLH dan Pembuatan MCK, yakni bedah pekarangan dan pengobatan door to door ke rumah warga.

Setelah bekerja dan bergotong royong bersama masyarakat kurang lebih sebulan lamanya, akhirnya Kegiatan TMMD resmi ditutup pada 10 Agustus 2023 lalu. Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han) secara resmi menutup kegiatan TMMD Reguler ke 117 Kodim 1426 Takalar Korem 141 Toddopuli.

Penutupan dirangkaikan dengan Penyerahan bantuan sembako bagi masyarakat kurang mampu, pemberian tali asih bagi Anak Yatim Piatu serta Pengobatan Massal, yaitu pemeriksaan mata dan lainnya. Dilakukan juga penyerahan bantuan para pemenang lomba Olahraga sepak bola, sepak takraw dan bola voli.

Pangdam XIV/Hasanuddin berharap, hasil dari kegiatan tahunan ini dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat serta terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam pembangunan.

Ditempat yang sama, Penjabat Bupati Takalar, Setiawan Aswad menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pangdam XIV Hasanuddin beserta jajarannya, serta para TNI yang sudah bersinergi dengan Pemda dengan semangat Kemanunggalannya dalam menyelesaikan semua sasaran fisik dan nonfisik dalam kegiatan TMMD 117 Kabupaten Takalar. (Supahrin)

  • Bagikan