Totok Imam Santoso Dapat Penghargaan MURI atas Rekor Sujud Syukur Peserta Terbanyak

  • Bagikan
Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso dapat penghargaan MURI.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso mendapat penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Penghargaan itu diberikan atas rekor sujud syukur secara serentak oleh peserta terbanyak.

Pengumuman penghargaan MURI kepada Pangdam Hasanuddin Totok Imam Santoso disampaikan oleh Prof (HC) KP Jaya Suprana secara daring via Zoom, Rabu malam (16/8/2023), atau tepat di malam pergantian Kemerdekaan RI ke-78. 

Piagam Penghargaan MURI nomor 11125/R.MURI/VIII/2023 dianugerahkan kepada Mayjen TNI Totok Imam Santoso, oleh Direktur MURI Dr (HC) Jaya Suprana. 

Pangdam Hasanuddin Totok Imam Santoso mengatakan, sujud syukur dilaksanakan secara serentak pada 78 titik di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin yang meliputi Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara.

"Kegiatan ini dilaksanakan serentak di 78 titik di tiga provinsi," ujar Totok. 

Dengan jiwa nasionalismenya yang tinggi 77.178 orang dari elemen masyarakat dapat berkumpul melakukan sujud syukur, dzikir dan bershalawat di 78 titik secara serentak atas terlewatinya pandemi covid-19 dan mensyukuri Kemerdekaan RI ke-78 Tahun. 

Kegiatan dzikir dan bershalawat bersama ini dipimpin oleh Pimpinan Ponpes Al Mubarakh Makassar, Habib Mahmud bin Umar Al Hamid. Termasuk seluruh jajaran forkopimda di tiga provisi dan kabupaten/kota, tokoh lintas agama, ketua MUI, para Rektor PTN/PTS, pimpinan institusi BUMN/S, para petinggi TNI-Polri, perbankan, para OPD, Persit Kartika Chandra Kirana, Pimpinan Masjid, Kelompok Pengajian, prajurit TNI -Polri, PNS, masyarakat baik secara off line maupun on line.

"Acara malam hari ini adalah acara sujud syukur yang mana kita setelah sekian lama menjalani Covid-19. Dan Alhamdulillah sudah terlewati, kita sujud syukur, dzikir, dan bershalawat sebagai bentuk kesyukuran diberi karunia dan rahmat untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-78," ungkap mantan Gubernur Akmil itu.

Direktur MURI Dr (HC) Jaya Suparna menyebut bahwa Rekor MURI yang diraih ini, melalui kegiatan sujud syukur terbanyak belum pernah didengarnya. "Ini merupakan prestasi yang luar biasa yang belum pernah kami dengar, bukan hanya di Indonesia tetapi di planet bumi ini. 

"Kami ucapkan selamat kepada teman-teman di Kodam XIV/Hasanuddin dan seluruh masyarakat di wilayah atas prestasi yang luar biasa ini," ungkapnya. 

Di kesempatan ini, Gubernur Sulsel juga memberikan apresiasi kepada Pangdam atas terselenggaranya kegiatan yang luar biasa ini.

“Apresiasi sekaligus penghormatan kepada bapak Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, atas kegiatan sujud syukur ini," sebutnya. 

Hujan apresiasi tidak hanya didapatkan dari Gubernur Sulsel saja, Kapolda Sulsel yang menyambut baik acara ini, Ia berharap dengan kegiatan ini mampu menjadikan wilayah Sulsel agar dapat aman, damai dan dapat menjemput pesta demokrasi mendatang.

Demikian pula apresiasi dari Ketua Umum MUI Sulsel, Prof Dr KH Najamuddin H. Abd Safa. Ia berharap kegiatan ini dapat menginspirasi sebagai tanda kesyukuran kepada negara yang aman dan menjadi contoh wilayah lain.

Tak hanya itu dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulsel pun menyatakan apresiasi yang luar biasa atas inisiatif Pangdam untuk melaksanakan sujud syukur dan dzikir bersama yang menghadirkan para tokoh agama lain. 

"Saya Pendeta tapi saya sangat menikmati, luar biasa semoga apa yang dilaksanakan ini akan menjadi berkah," bebernya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan pemberian santunan kepada anak yatim dari sejumlah panti asuhan, semoga mereka juga ikut berbahagia. (Isak/A)

  • Bagikan