Angkat Kearifan Lokal, KPU Gowa Meriahkan Kemerdekaan RI ke-78 Melalui Lomba Tradisional

  • Bagikan
Permainan Galah Asin meriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia di KPU Kabupaten Gowa

GOWA, RAKYATSULSEL - Berbagai kegiatan lomba dilakukan Instansi pemerintahan dalam memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Tidak seperti KPU Kabupaten Gowa memilih lomba Traditional demi mengangkat budaya kearifan lokal.

Lomba Traditional dilaksanakan di pelataran Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gowa Jalan Andi Mallombasang No. 69 Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu.

Adapun lomba Traditional yang dibuat yakni Galah Asin atau Godak Sobor adalah permainan tradisional asli Indonesia.

Permainan ini biasanya dimainkan di halaman rumah yang luas maupun lapangan dengan betuk segi empat berpetak-perak, permainan galah asin dimainkan oleh dua kelompok masing-masing kelompok terdiri dari tiga sampai lima orang.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Gowa Fitra Syahdanul permainan galah asin adalah permainan jaman dulu yang sudah jarang dimainkan.

Permainan yang tidak memerlukan peralatan, melainkan kekompakan dengan mengandalkan ketangkasan, kegesitan.

"Itu lomba adalah lomba traditional, permainan jaman dulu. Sekarang sudah jarang dilakukan permainan yang mengangkat kearifan Lokal. Dengan permainan ini saya mau melatih dan meningkatkan kekompakan karena kunci kebersilhasilan demokrasi tentu kekompakan di KPU," ucap Fitra.

Selain lomba Galah Asin, lomba lainnya seperti makan Krupuk, lari balon, gerak jalan tutup mata dan lain sebagainya dilaksanakan KPU Gowa Meriahkan Kemerdekaan RI ke-78.

Ditambahkannya, kegiatan ini juga sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan yang diraih para pejuang. “Meski lomba sederhana, namun dapat merekatkan hubungan di lembaga ini,” tukasnya.

Meski saat ini tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan dan KPU tengah sibuk-sibuknya, dia menjamin lomba-lomba ini tak akan mengganggu pekerjaan. “Selain mengakrabkan seluruh anggota dan staf, kegiatan ini juga sebagai bentuk refreshing,” imbuhnya.

Melalui tema peringatan HUT ke-78 RI tahun ini, yakni ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’, Fitra menegaskan KPU Gowa akan turut mendedikasikan diri membangun bangsa melalui kerja nyata dan bekerja dengan sebaik-baiknya, khususnya mewujudkan pemilu berjalan dengan lancar dan sukses. (Abdul Kadir)

  • Bagikan