Begini Upaya Babinsa Apala Dorong Peningkatan Kapasitas dan Perekonomian Masyarakat

  • Bagikan
Babinsa Kelurahan Apala, Serma Maman Suryaman saat mengunjungi pengrajin tampi

BONE, RAKYATSULSEL - Babinsa adalah akronim dari "Bintara Pembina Desa", yang merupakan kesatuan prajurit TNI (Tentara Nasional Indonesia) yang bertugas sebagai perwakilan militer di wilayah desa atau kelurahan.

Sebagai pelaksana Komandan Koramil (Dan Ramil) di desa/kelurahan, Babinsa melaksanakan fungsi pembinaan yang bertugas pokok melatih rakyat memberikan penyuluhan di bidang Hankam dan Pengawasan fasilitas dan prasarana Hankam di Pedesaan.

Hal itulah yang selalu dipedomani dan dijalankan Babinsa Kelurahan Apala Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone Koramil 1407/11-Barebbo, Serma Maman Suryaman dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Seperti yang dilakukan pada hari Senin (21/08/2023) di Lingkungan Matekko Kelurahan Apala, Serma Maman Suryaman mendatangi beberapa pengrajin kerajinan tangan pembuat tampi secara tradisional.

Selain mendampingi para pengrajin tradisional pembuat tampi, Serma Maman Suryaman juga ikut belajar menganyam tampi (pattapi, bahasa Bugis).

"Saya bersama Babhinkamtibmas dan pak Lurah memang selalu jalan bersama demi memberikan rasa aman dan nyaman serta berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Apala," ujar Serma Maman Suryaman, saat ditemui Harian Rakyat Sulsel di salah satu pembuat tampi.

"Pattampi atau tampi merupakan salah satu kerajinan tangan andalan masyarakat Kelurahan Apala. Bahkan tampi Kelurahan Apala sangat terkenal atau populer bukan hanya di Kabupaten Bone," jelas Serma Maman Suryaman.

Ia pun berharap agar tampah atau penampi/tampi suatu saat dapat dilirik atau memiliki pasaran tetap sehingga mampu meningkatkan perekonomian khususnya masyarakat pengrajin tampi ini.

"Tampi Kelurahan Apala dibuat secara tradisional dan tentu akan susah untuk bersaing di era globalisasi ini, namun tentu kita berharap agar tampi tersebut memiliki pula pasaran demi peningkatan kapasitas produksi dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," harap Serma Maman Suryaman.

Tampah, penampi, atau nyiru adalah alat yang digunakan untuk menampi, yaitu membersihkan beras dari sekam atau bulir serealia lainnya dari kulitnya. Tampah umumnya berupa nampan/baki bulat berukuran besar yang terbuat dari anyaman belahan batang pohon bambu.(enal)

  • Bagikan