Ratusan Pencari Loker Serbu Job Fair 2023 Disnaker Kota Makassar di Phinisi Point

  • Bagikan
Para pelamar di Job Fair 2023 Disnaker Makassar di Mall Phinisi Point (Pipo), Senin (21/8). (Foto: Shasa Anastasya)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar kembali menggelar Job Fair 2023 yang akan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 21-22 Agustus 2023 di Phinisi Point (Pipo) Mall , Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar. 

Job Fair 2023 Disnaker Makassar menyiapkan 2.100 formasi yang diikuti sebanyak 50 perusahaan dari berbagai sektor seperti sektor retail, konsultan, perbankan, perhotelan dan lainnya. 

Pada hari pertama digelarnya Job Fair ini dari pantauan Rakyat Sulsel, ratusan pelamar sudah mendatangi tenant-tenant perusahaan yang disiapkan oleh Disnaker Kota Makassar. 

Para pelamar ada yang melakukan registrasi secara digital dengan cara scan QR code atau pun mendaftar secara manual di tenant-tenant perusahaan. 

Kepala Disnaker Kota Makassar, Nielma Palamba mengungkapkan Job Fair Disnaker Makassar 2023 kali ini didominasi oleh sektor perdagangan seperti, Sales dan marketing. Hal itu mengingat Kota Makassar identik dikenal sebagai kota dagang. 

"Sektor perdagangan, ritel, perhotelan, pengolahan, dan konstruksi menjadi penyumbang terbesar terhadap PDRB Kota Makassar," ucap Nielma. 

Selain itu, Nielma menyebut Job Fair 2023 ini juga menyiapkan formasi lowongan untuk para penyandang disabilitas. Biasanya formasi yang disiapkan yakni berada di sektor retail. Bahkan, penempatan kerjanya juga bervariasi. 

"Ada empat perusahaan yang membuka lowongan yakni Alfamidi, Alfamart, ISS. Kami beri ruang (booth) di depan, jadi begitu mereka (disabilitas) datang mereka tidak terlalu jauh untuk mengakses. Jadi kami langsung beri ruang di gate tiga," terang Nielma. 

Nielma menyebut Job Fair ini terbuka untuk umum, warga dari luar Kota Makassar juga dipersilakan untuk mendaftar sesuai dengan kualifikasinya. 

"Kami (disnaker) tidak menutup kemungkinan untuk daerah luar, karena kita ini kota urban kota tidak bisa membatasi orang Gowa, orang Maros untuk datang (job fair)," terang Nielma. 

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Kota Makassar Muhammad Yasir berharap seluruh perusahaan yang berpartisipasi dalam Job Fair Disnaker Makassar 2023 ini dapat menyerap tenaga kerja. 

"Dari 2.100 pencari kerja itu sudah aman, belum lagi kegiatan kegiatan lain dari luar job fair. Ada perusahaan yang langsung merekrut, tinggal melaporkan ke disnaker," tutup Yasir. (Shasa/B)

  • Bagikan