Kementerian Kelautan dan Perikanan Persiapkan Parepare Jadi Kawasan Pengembangan Ekonomi Pusat Pertumbuhan Kelautan Berskala Internasional

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Direktorat Perencanaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar Konsultasi Publik Penyusunan Materi Teknis Ruang Perairan Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional (RTR KSN) Kawasan Parepare.

Konsultasi publik berlangsung di Hotel Melia Makassar, Selasa (22/8/2023), dengan menghadirkan SKPD terkait Pemerintah Kota Parepare, SKPD terkait Pemerintah Kabupaten Barru dan Pinrang, SKPD terkait Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, instansi vertikal, pakar dari Universitas Hasanuddin dan Universitas Gajah Mada, dan tim direktorat.

Dari Pemkot Parepare yang hadir di antaranya Plt Kepala Bappeda Zulkarnaen Nasrun, Plt Kepala Dinas PUPR Budi Rusdi, Plt Kepala Dinas Perhubungan Burhanuddin, Kepala Dinas Tenaga Kerja Basuki Busrah, dan pejabat terkait lainnya.

Zulkarnaen Nasrun mengatakan, tujuan Ruang Perairan Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional (RTR KSN) Parepare ini adalah mewujudkan Kawasan Parepare menjadi kawasan pengembangan ekonomi sebagai pusat pertumbuhan kelautan yang berskala internasional, aman, tertib, terpadu dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kebijakannya adalah pengembangan pusat pertumbuhan kelautan untuk mendukung pelaksanaan pembangunan nasional, pengembangan kegiatan ekonomi berbasis kelautan dan berkelanjutan, peningkatan kualitas dan jangkauan pelayanan sistem jaringan prasarana dan sarana laut, dan sinkronisasi pengembangan sektor dan kawasan prioritas," kata Zulkarnaen.

Karena itu, kata Zulkarnaen, strategi untuk mewujudkan kebijakan pengembangan pusat pertumbuhan kelautan untuk mendukung pelaksanaan pembangunan nasional itu, antara lain mengalokasikan wilayah perairan untuk pengembangan pusat pertumbuhan kelautan dan perikanan dan pusat industri kelautan.

Kemudian menata dan mengembangkan pusat pertumbuhan kelautan yang berorientasi pada upaya peningkatan kesempatan kerja, pengurangan kemiskinan, terpadu, dan berkelanjutan.

Dalam konsultasi publik dibahas antara lain tentang kebijakan penataan ruang laut di KSN Kawasan Parepare, potensi pengembangan kegiatan berbasis kelautan dan perikanan, dan bernilai strategis nasional, pendekatan penentuan pusat-pusat pertumbuhan dan rencana pengembangan wilayah KSN Parepare, dan penyusunan materi teknis ruang perairan RTR KSN Kawasan Parepare. (*)

  • Bagikan