Pelatihan Diversifikasi Olahan Perikanan KKP-Komisi IV DPR RI Dorong Kesejahteraan Nelayan

  • Bagikan
Anggota Komisi IV DPR RI Azikin Solthan bekerja sama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik  Indonesia menggelar Pelatihan Diversifikasi Olahan Hasil Perikanan angkatan satu, dua dan tiga di Balai Kartini, Kabupaten Bantaeng.

BANTAENG, RAKYATSULSEL - Anggota Komisi IV DPR RI Azikin Solthan bekerja sama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik  Indonesia menggelar Pelatihan Diversifikasi Olahan Hasil Perikanan angkatan satu, dua dan tiga di Balai Kartini, Kabupaten Bantaeng, Rabu (30/8).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan (BPPP) Bitung Natalia, Bupati Bantaeng Ilham Azikin, Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Kabupaten Bantaeng Budi Taufik.

Kepala BPPP Bitung Natalia mengatakan, pelatihan diversifikasi olahan hasil perikanan merupakan bentuk dukungan  dari lima program unggulan KKP.

"Program prioritas di Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk kita bisa melaksanakan program-program yang langsung mendekatkan ke masyarakat dan dapat menambah nilai ekonomi bagi masyarakat," kata dia.

Dia juga mengatakan, sepuluh penyuluh perikanan telah ditempatkan di Kabupaten Bantaeng untuk mendampingi para kelompok pengolahan perikanan baik dari pembuatan produk hingga pada pemasaran produk.

"Kita tahu di kabupaten Bantaeng ini cukup banyak potensi perikanannya salah satunya adalah budidaya perikanan. Tidak hanya budidaya namun bagaimana meningkatkan nilai jual dari budidaya perikanan itu sendiri, salah satunya adalah membuat produk pengolahan berbahan baku dari ikan," kata dia.

Kemudian, Bupati Bantaeng Ilham Azikin mengatakan, atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Bantaeng sebagai tempat pelaksanaan kegiatan tersebut, karena menurutnya itu sesuai dengan program unggulan Pemerintah Kabupaten Bantaeng.

"Penempatan pelatihan di Kabupaten Bantaeng tentu menjadi bagian penting dan strategis bagi pemerintah karena kami di kabupaten Bantaeng juga fokus senantiasa menggerakkan ekonomi kerakyatan dan masyarakat di Kabupaten Bantaeng. Pelatihan hari ini juga menjadi komitmen pemerintah dan anggota DPR RI kita yang mau menjaga eksistensi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten Bantaeng," kata dia.

Anggota Komisi IV DPR RI Azikin Solthan saat membuka acara tersebut mengatakan, kegiatan tersebut adalah hasil kerjasama Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia DPR RI khususnya Komisi IV.

Dia mengatakan, Kabupaten Bantaeng dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan tersebut, karena memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan.

"Kenapa kita laksanakan kegiatan ini di kabupaten Bantaeng ?, Seperti kita ketahui bahwa Bantaeng adalah daerah pesisir pantai yang punya potensi sangat besar untuk kita tumbuh kembangkan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata dia.

Azikin Solthan juga mengatakan, telah memperjuangkan pada pemerintah pusat untuk memberikan dukungan kepada Kabupaten Bantaeng dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Sudah banyak kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan di Kabupaten Bantaeng, ada Kampung Nelayan Maju, Kultur Jaringan Rumput Laut, bantuan mesin kapal kepada nelayan, jaring tangkap kepada nelayan, asuransi nelayan, bioflog dan telah banyak upaya yang kita lakukan dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan," kata dia.

"Saya berharap kepada seluruh peserta pelatihan ini agar mengikuti dengan tekun sehingga materi yang dibawakan narasumber dapat diimplementasikan di kehidupan kita sehari-hari," kata Ketua APKASI Periode 2005-2008 itu. (Jet)

  • Bagikan