10 Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

  • Bagikan

RAKYATSULSEL - Meski aktivitas sederhana, jalan kaki menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi orang-orang dari segala usia dan tingkat kebugaran.

Melansir Mayo Clinic, sesuatu yang sederhana seperti jalan cepat setiap hari dapat membantu Anda menjalani hidup lebih sehat. Semakin cepat, semakin jauh, dan semakin sering Anda berjalan, semakin besar manfaatnya.

Sebagai tujuan utama, targetkan berjalan setidaknya 30 menit aktivitas fisik sehari. Jika Anda tidak bisa menyisihkan waktu sebanyak itu, coba beberapa sesi aktivitas singkat sepanjang hari.

Misalnya, Anda mungkin memulai sebagai pejalan biasa. Kemudian Anda berjalan lebih cepat dan berjalan satu mil dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan pejalan kaki rata-rata.

Itu dapat menjadi cara yang bagus untuk melakukan aktivitas aerobik, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan daya tahan tubuh sambil membakar kalori.

Anda juga bisa mengganti periode jalan cepat dengan jalan santai. Jenis latihan interval ini mempunyai banyak manfaat, seperti meningkatkan kebugaran kardiovaskular, dan membakar lebih banyak kalori daripada jalan kaki biasa. Latihan interval juga dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat dibanding jalan kaki biasa.

Jumlah aktivitas apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali. Bahkan sejumlah kecil aktivitas fisik sangat membantu. Akumulasi aktivitas sepanjang hari dapat menambah manfaat kesehatan.

Berikut sederet manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari:

1. Mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi lemak tubuh.

2. Mencegah atau mengelola berbagai kondisi, termasuk penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kanker, dan diabetes tipe 2.

3. Meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

4. Memperkuat tulang dan otot Anda.

5. Meningkatkan daya tahan otot.

6. Meningkatkan tingkat energi.

7. Meningkatkan suasana hati, kognisi, ingatan, dan tidur Anda.

8. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi Anda.

9. Memperkuat sistem kekebalan tubuh.

10. Mengurangi stres dan ketegangan.

  • Bagikan