RS Hasri Ainun Habibie Godok Penerapan Halal

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Rumah Sakit Regional dr Hasri Ainun Habibie (RS HAH) Kota Parepare tengah mempersiapkan program penerapan sertifikasi halal pada instalasi gizi.

Sosialisasi sertifikasi halal dengan tema “Sosialiasi Penerapan Halal di RS dr. Hasri Ainun Habibie” dilaksanakan di ruang pertemuan lantai III RS HAH Parepare, Selasa 12 September 2023.

Kegiatan tersebut diikuti puluhan peserta, dengan menghadirkan dua pemateri dari Pusat Pemeriksaan Halal Universitas Hasanuddin, Dr Ir Nahariah S.Pt. MP IPM, dan Jaya Abdullah S.Si. Apt dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Makassar. Para pemateri menjabarkan terkait penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB).

Plt Direktur RS dr HAH Parepare, dr Mahyuddin Rasyid Sp.B. FINACS, FICS mengatakan, program tersebut digodok untuk memastikan seluruh bahan makanan yang akan diolah buat disajikan pada pasien yang menjalani rawat inap, telah melalui pemilihan dan pengolahan makanan sesuai standarisasi halal.

“Kegiatan program ditandai dengan edukasi penerapan halal dapur gizi sehat, yang aman dan halal,” katanya.

Mahyuddin menjelaskan, kegiatan Ini dilakukan dengan harapan makanan yang dikonsumsi oleh pasien bukan hanya baik tapi juga halal, sehingga nilai gizi, kandungan zat yang dibutuhkan pasien terjamin

Dengan tersertifikasi halal, lanjut Mahyuddin, masyarakat pasien khususnya yang menjalani rawat inap di rumah sakit berlantai tujuh tersebut, tentu tidak perlu khawatir lagi terkait sajian makanan yang diberikan.

“Dengan dikantonginya sertifikat halal pada instalasi gizi, ke depan RS HAH diharapkan nantinya akan memunculkan opini positif. Bahwa di rumah sakit ini makanan-makanan yang disajikan telah lulus sertifikasi halal, sehat, dan higenis,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan