Perjuangkan Aspirasi Warga, Hamka B Kady Tinjau Perbaikan Jalan Batu Langgayya – Talakayya

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady saat meninjau proyek perbaikan jalan ruas Batu Langgayya - Talakayya, Kabupaten Bantaeng, Minggu 24 September 2023.

BANTAENG, RAKYATSULSEL - Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady meninjau proyek perbaikan jalan ruas Batu Langgayya - Talakayya, Kabupaten Bantaeng, Minggu 24 September 2023.

Adalah Hamka B Kady yang memperjuangkan aspirasi warga ini di DPR RI sebagai bentuk komitmennya memperjuangkan kepentingan rakyat.

Dana proyek perbaikan jalan rintisan ini bersumber dari APBN dalam bentuk DAK 2023 penugasan (aspirasi anggota DPR RI) dengan total anggaran Rp 7.531.153.000.

"Harus selesai Desember. Progres sudah 50 persen," ujar Legislator Golkar asal Sulawesi Selatan ini.

Selain Ruas Batu Langgayya - Talakayya, tiga ruas jalan rintisan lainnya juga tengah dalam proses pengerjaan. Sumber dananya juga dari APBN dalam bentuk DAK 2023 penugasan (aspirasi anggota DPR RI).

Diantaranya Ruas Ulugalung - Mamampang dengan anggaran Rp 2.462.037.300, Ruas Kadang Kunyi - Jannayya Rp. 2.349.140.000, dan Ruas Pattiro - Kassi Loe Rp. 3.876.330.000.

"Perbaikan jalan yang digunakan masyarakat menjadi prioritas utama kami. Agar mobilitas masyarakat lebih mudah, roda ekonomi bisa berputar cepat. Infrastruktur jalan itu menopang semua aktivitas," tutur Hamka.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI itu menyampaikan, salah satu faktor percepatan peningkatan ekonomi yakni kelancaran akses jalanan dari satu tempat ke tempat lainnya. Atau dari desa satu ke desa lainnya.

“Dengan akses jalan yang baik, tentu akan mempermudah proses transaksi, seperti jual-beli dagangan, hasil bumi sehingga akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Dalam kunjungan kerjanya di Bantaeng selama satu hari penuh, Hamka sekaligus meresmikan realisasi Program Bantuan Stimulan Swadaya (BSPS) atau Bedah Rumah di Dusun Batu Tiroa, Desa Bonto Bulaeng, Kecamatan Sinoa, Kabupaten Bantaeng, Minggu, 24 September 2023.

Bantuan bedah rumah ini, jelas Hamka, merupakan upaya DPR RI melalui pemerintah memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk mewujudkan rumah layak huni baik dari sisi prasarana, sarana, dan utilitas umumnya.

Mengacu pada Peraturan Menteri PUPR Nomor 7 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Bantuan Pembangunan Perumahan dan Penyediaan Rumah Khusus, Program BSPS merupakan dukungan dana dari pemerintah yang ditujukan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk peningkatan kualitas rumah swadaya berasaskan kegotong-royongan.

Masyarakat yang berhak menerima bantuan ini diberikan wewenang untuk menggunakan dana bantuan sesuai kebutuhan renovasinya masing-masing. (*)

  • Bagikan