Perbedaan Tablet dan iPad, Mana yang Lebih Worth It?

  • Bagikan

Tablet dan iPad bisa jadi pilihan jika Anda membutuhkan gadget yang lebih besar dibandingkan smartphone namun lebih ringkas daripada laptop.

Namun sebelum memutuskan untuk membeli, Anda perlu tahu dulu perbedaan antara iPad dan tablet dari berbagai aspek.

Pada dasarnya, tablet adalah sebutan untuk semua jenis tablet yang menggunakan sistem operasi Android. Termasuk di dalamnya merek perangkat Android seperti Samsung, Xiaomi dan Huawei serta merek dari Indonesia seperti Advan dan Evercoss. Sedangkan istilah iPad dipakai untuk menyebut perangkat tablet keluaran Apple yang menggunakan iOS.

Perbedaan Tablet dan iPad, Mana yang Lebih Worth It?

Meski dari jenis perangkat yang sama, tablet dan iPad adalah produk yang berbeda. Perbedaan keduanya sering menimbulkan kebingungan terutama di kalangan masyarakat awam. Maka dari itu, kenali dulu perbedaan iPad dan tablet yang dijelaskan dari berbagai aspek seperti berikut ini.

  1. Aplikasi

Bisa dibilang, aplikasi di iPad lebih matang ketimbang yang ada di tablet. Hal itu terbukti dari banyaknya aplikasi profesional yang dapat Anda temukan di iPad. Bahkan aplikasi yang sebelumnya hanya ada di laptop, kini sudah tersedia di perangkat iPad. Sementara fitur iPad yang juga diadaptasi dari perangkat laptop bisa dimaksimalkan dengan penggunaan pen stylus dan touchscreen.

Di samping itu, aplikasi-aplikasi yang tersedia juga lebih optimal saat dijalankan di iPad. Pasalnya, aplikasi di iPad memang dikembangkan untuk perangkat tablet dengan layar yang lebih besar. Sementara aplikasi di tablet kebanyakan dikembangkan untuk perangkat smartphone.

  1. Update Sistem Operasi

Perbedaan antara iPad dan tablet juga terletak pada update sistem operasinya. Seperti diketahui bahwa perangkat Android lebih sering mengharuskan update sistem operasi yaitu dalam waktu 1-2 tahun saja. Sementara update sistem operasi untuk iPad lebih panjang hingga 4 tahun kedepan setelah tanggal perilisannya.
Jangka waktu update sistem operasi pada tablet maupun iPad berdampak pada masa pakainya. iPad dengan iOS disebut lebih lama masa pakainya sebab pengguna tidak perlu melakukan update sistem operasi lebih sering. Keamanannya pun lebih terjamin sehingga pengguna iPad tidak perlu cemas.

  1. Prosesor

Dari segi prosesor, iPad dan tablet juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Prosesor tablet terbilang kurang kuat sehingga tidak cukup mampu menjalankan aktivitas multitasking. Namun di sisi lain, prosesor tablet bisa didukung dengan penambahan memori eksternal.

Sementara itu, iPad hadir dengan prosesor yang lebih gahar sehingga mampu bekerja dengan lebih baik. iPad bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa proses loading yang lama. Sayangnya, perangkat iPad tidak bisa mendapatkan memori tambahan.

  1. Harga dan Variasi
    Soal harga, tablet dengan sistem operasi Android memang lebih terjangkau dibandingkan iPad. Jadi tablet lebih cocok bagi Anda yang ingin memiliki perangkat tersebut dengan harga yang lebih hemat. Selain itu, tablet Android juga punya banyak pilihan variasi dari berbagai merek.

iPad yang harganya lebih mahal daripada tablet memang menawarkan sejumlah keunggulan. Namun karena iPad tidak punya banyak variasi, maka Anda juga tidak punya banyak pilihan. Jika Anda pengguna setia iPad, Anda bisa memilih variasi lain saat seri terbaru dirilis.
Dengan mengetahui perbedaan tablet dan iPad, Anda bisa mempertimbangkan dengan tepat perangkat mana yang akan Anda beli sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda mementingkan profesionalitas, Anda bisa memilih iPad. Sementara jika Anda mencari yang harganya lebih terjangkau, Anda bisa memilih tablet.

Anda bisa membeli iPad secara online di Blibli yang terjamin keaslian dan keamanannya. Dapatkan berbagai keuntungan berbelanja produk gadget di Blibli seperti diskon, cashback dan gratis ongkos kirim. (*)

  • Bagikan