Sejak Beroperasi September Lalu, Timsus Anti Balap Liar Polrestabes Makassar Amankan 1.500 Kendaraan 

  • Bagikan
Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Amin Toha

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Tim Khusus (Timsus) Anti Balap Liar Polrestabes Makassar berhasil menjaring ribuan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat selama beroperasi beberapa pekan terakhir. 

Dimana, tim yang digagas Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib ini diharapkan dapat mencegah dan menindak para pelaku aksi balapan liar yang kian marak di Kota Makassar. 

Tidak hanya roda dua atau sepeda motor, tapi sejumlah mobil juga kerap dijumpai sedang asyik kebut-kebutan melakukan aksi balap liar di jalan umum.

Sejak Timsus Anti Balap Liar ini didirikan pertengahan September 2023 lalu, polisi telah mengamankan sebanyak 1.500 unit kendaraan roda dua, termasuk roda empat. 

"Kita terus tingkatkan untuk menekan aksi balap liar, knalpot brong ini juga sudah kita lakukan banyak penindakan. Kalau hari ini dari data yang ada, knalpot brong dan balap liar ini sudah 1.500 penindakan," ujar Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Amin Toha saat diwawancarai Rakyat Sulsel, Selasa (3/10/2023).

Amin menjelaskan, selain membentuk Timsus Anti Balap Liar, pihaknya juga intens mendatangi sekolah-sekolah dan komunitas motor untuk mensosialisasikan anti balap liar.

"Kita sudah mobile patroli melakukan imbauan dan penindakan untuk anak-anak remaja. Kita juga sudah imbauan ke sekolah, komunitas motor, melalui media sosial," sebutnya.

Dia juga menyampaikan, dama proses pencegahan aksi balap liar yang sangat berbahaya ini merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat, termasuk orang tua yang memiliki peran penting dalam pengawasan aktivitas anaknya.

Apalagi dalam beberapa kasus atau pelaku balap liar paling banyak ditemui adalah remaja yang seharusnya masih dalam pengawasan orang tuanya.

  • Bagikan