PKS Solid di Sulsel 1, Peluang Rebut Kembali Kursi di DPR RI

  • Bagikan
Bendera PKS

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Direktur Politik Profetik Institute, Asratillah menyebutkan jika Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sangat solid di Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel 1 dan memiliki potensial mengembalikan kursi yang hilang pada Pemilu 2019 lalu. 

Asratillah menyebutkan pasca Tamsil Linrung tidak maju melalui sebagai Calon Legislatif (Caleg) tidak ada yang mampu menggantikan. 

"Bagi saya, sampai saat ini belum ada sosok yang bisa bersaing secara elektoral dengan Tamsil di internal PKS," Katanya. 

Pemilu 2024 ini Asratillah melihat komposisi Bacaleg PKS sangat serius merebut kursi yang hilang. "Kalau kita melihat komposisi caleg PKS di Dapil I memang ada upaya serius untuk merebut kembali kursi yang sempat hilang di 2019," ujarnya. 

Asratillah menyebutkan ada tiga orang yang berpotensi menjadi vote gater signifikan di PKS untuk Dapil I.  "Ada nama Sri Rahmi dan Ariadi Arsal, yang keduanya mantan Anggota DPRD Sulsel, lalu ada Iqbal Parewangi mantan anggota DPD RI," ucapnya. 

Jika ketiganya bisa mendapatkan suara di atas angka 50.000 dengan asumsi caleg-caleg lain perolehan suaranya tidak signifikan, maka PKS bisa mendapatkan kursi.

" Namun jika perolehan kursi mau dipastikan sebisa mungkin caleg lain selain ketiga figur tersebut bisa mendapatkan suara paling sedikit 15 ribu,"  benernya. 

Asratillah juga melihat  partai yang cukup solid, kaderisasinya jalan. "Sisa memantapkan mesin partai hingga di tingkat ranting. Sambil mengantisipasi efek dari kehadiran partai Gelora yang sebagian besar diisi ex kader PKS,"  jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan