Tim Ganjar di Sulsel Belum Kompak, Ketua PPP Sulsel Absen Penentuan Tim Pemenangan

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Danny Pomanto selaku ketua tim pemenangan Ganjar (tengah) jaket merah, Ketua Hanura Sulsel Amsal Sampetondok (ujung kanan), Ketua DPD PDIP Sulsel Andi Ridwan Wittiri (kedua dari kanan), Ketua Perindo Sulsel Sanusi Ramadhan (kedua dari kiri) dan Sekretaris DPW PPP Sulsel Nur Amal (ujung kiri).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Tim Pemenangan Daerah (TPD) capres Ganjar Pranowo di Sulsel bergerak cepat membentuk kelompok pemenangan daerah untuk Pilpres 2024.

Empat partai pengusung dan pendukung Bakal calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo di Sulsel, yakni PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo. Mereka telah bertemu di Rumah Pribadi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Kamis (5/10/2023) malam dan mendaulat Danny sebagai Ketua TPD.

Kendati demikian, dalam pertemuan perdana ini terkesan tidak kompak. Pasalnya Ketua DPW PPP Imam Fauzan Amir Uskara absen alias tidak hadir dalam pertemuan terdebut. Ia hanya diwakili oleh Sekretaris DPW PPP Sulsel.

Adapun mereka hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua DPD PDIP Sulsel Andi Ridwan Wittiri (ARW), Ketua DPD Hanura Sulsel Amsal Sampetondok, Ketua Perindo Sulsel Sanusi Ramadhan. Dan PPP Sulsel hanya diwakili Sekretaris DPW PPP Sulsel Nur Amal.

Ketua DPD PDIP Sulsel Andi Ridwan Wittiri (ARW) menyampaikan bahwa dari hasil pertemuan partai pengusung di daerah telah menyepakati Wali Kota Makassar, Danny Pomanto sebagai Ketua Tim Pemenangan Ganjar Pranowo di Sulsel.

"Kita sudah rapat bersama partai pendukung pak Ganjar, di rumahnya pak wali (rumah pribadi). Kami dari PDIP, Perindo, PPP sama Hanura. Kami sepakat mengukuhkan dan mengangkat Danny Pomanto sebagai tim pemenangan daerah Sulawesi Selatan untuk Presiden pak Ganjar," jelasnya.

Anggota DPR RI itu mengatakan, alasan memilih Danny sebagai ketua tim pemenangan karena pertimbangannya melihat bahwa wali kota Danny punya track record di Makassar.

Danny dinilai bisa menyatukan beberapa parpol yang bisa menjadi pengusung dan terbukti sukses melakukan kegiatan-kegiatan dilaksanakan atau yang dilakukan oleh wali kota Makassar selama ini cukup berhasil.

"Banyak event yang dia sudah lakukan secara nasional dan internasional dan kami bersepakat bahwa sebaiknya kita serahkan pucuk Pimpinan untuk tim pemenangan daerah sulsel calon presiden pak ganjar kepada pak Danny," tukasnya.

Hingga saat ini Partai pengususng Ganjar di pusat belum menentukan Cawapres Ganjar. PDIP sebagai motor penggeram belum bisa memutuskan siapa wakil jagoanya. Bahkan tarik ukur masih menguat siapa sosok cawapres Ganjar di Pilpres 2024.

Sejauh ini ada beberapa nama mencuat, diantaranya Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Menkopolhukam Mahfud Md, dan Khofifah Indar Parawansa.

Hingga kini PPP masih mempertahanakan nama Sandiaga Uno sebagai Cawapres Ganjar. Ketua PPP Sulsel, Imam Fauzan, menyatakan, DPP akan tetap mengusung Sandiaga Uno meski hingga saat ini PDIP belum umumkan figur cawapres yang ditetapkan.

"Kami tetap mengusung Pak Sandi sebagai calon cawapresnya pak Ganjar. Dan apapun keputusan dari Pak Ganjar kami akan hormati," kata Imam Fauzan, di Kantor DPRD Sulsel, Selasa, (3/9/2023) lalu.

Imam Fauzan juga meyakini bahwa elektabilitas Sandi masih teratas dibandingkan dengan yang lainnya. Secara elektabilitas, Sandi paling tinggi untuk posisi cawapres dibandingkan dengan bakal cawapres yang lain.

Soal apakah PPP akan tetap mendukung Ganjar jika Sandi tak jadi cawapresnya, anggota DPRD Sulsel ini mengaku hanya menunggu keputusan DPP PPP.

"Itu jawaban dari DPP, kalau kami samina wa athona. Apapun keputusan DPP kami akan ikuti kalau memang DPP tetap mengikuti PDIP untuk mendukung Pak Ganjar," tukasnya belum lama ini. (Suryadi/B)

  • Bagikan