UPT PLUT KUMKM Gelar Pelatihan Inkubasi Pembuatan Merek Bagi Tenant

  • Bagikan
Unit Pelaksana Teknis Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UPT PLUT KUMKM) menggelar  Pelatihan Konsep Dasar Inkubasi Pembuatan Merek Bagi Tenant. 

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Unit Pelaksana Teknis Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UPT PLUT KUMKM) menggelar  Pelatihan Konsep Dasar Inkubasi Pembuatan Merek Bagi Tenant. 

Kegiatan yang digelar di Hotel Whiz Prime Makassar ini diikuti 40 orang yang berasal dari pelaku usaha dan berlangsung 2-3 Oktober 2023.

Dalam kegiatan ini hadir narasumber dari Kemenkumham Sulsel, Muhammad Yani dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo dengan masing masing materi terkait Pembuatan Merek Dagang bagi UMKM dan dan Packaging yang Outstanding.

Muhammad Yani menjelaskan tentang Pembuatan Merek Dagang bagi UMKM dan dan Packaging yang Outstanding. Menurutnya ada beberapa cara membuat 

Packaging yang Outstanding, Ada tiga  syaratnya menarik secara visual, mengikuti regulasi kemasan dan kemasan yang sesuai. 

"Ada delapan tips untuk mendesain kemasan antara lain mudah di mengerti, desain sederhana, memudahkan konsumen, desain yang jujur, menerapkan prinsip dasar desain,  menggunakan font yang tepat, menggunakan warna yang sesuai dan menyertakan foto produk," jelas Yani. 

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Makassar, Ashari Fakhsirie Radjamilo dengan materi Pembuatan Merek Dagang bagi UMKM menjelaskan ada beberapa manfaat atau fungsi pemakaian merek, "fungsi merek sebagai tanda pengenal untuk membedakan produk produksi yang dihasilkan, sebagai alat promosi, jaminan mutu barang, dan penunjuk asal barang," jelasnya

Sedang menurut Ashari mendaftarkan merek dagang juga memiliki beragam fungsi, diantaranya yakni sebagai alat bukti bagi pemilik merek yang berhak atas merek yang didaftarkan, dasar penolakan terhadap merek yang sama dan dasar mencegah orang lain memakai merek yang sama baik keseluruhan maupun pokok. (Hikmah/B).

  • Bagikan