Gandeng Pemkot, Imigrasi Parepare Gagas Pembentukan Desa Binaan Imigrasi di Bacukiki

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare melaksanakan rapat pembentukan desa binaan Imigrasi Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki Kota Parepare.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kasi Tikim Kanim Parepare Haerul Ikrar Rusli mewakili Kepala Kantor Imigrasi II TPI Parepare yang digelar di Baruga Peduli Kelurahan Lemoe, Selasa (10/10/2023).

Hadir sebagai moderator, Kasubsi Intelijen Keimigrasian Kanim Parepare Habar Ardiansyah, dan sebagai Narasumber 1 Kasi Lalintalkim Andi Muhammad Reza, dan Narasumber 2 Perwakilan BP2MI Sulsel La Ode Nur Slamet.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare melalui Kasi Tikim Kanim Parepare Haerul Ikrar Rusli menyampaikan bahwa kegiatan tersebut melibatkan Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan Se Kecamatan Bacukiki Kota Parepare.

"Hadir sebagai peserta yaitu, Sekcam Bacukiki, Ita Purnamasari, Lurah Lemoe, Lurah Lompoe, Lurah Watang Bacukiki, Lurah Galung Maloang, Babinkantibmas, Babinsa, Sek. PKK Kel. Lemoe, Kepala Madrasah Aliyah Al Badar, dan Peserta lainnya yang terdiri atas Tokoh Masyarakat, Ketua RT/RW Kel. Lemoe, yang berjumlah 18 orang, "sebutnya.

Dalam sosialisasi ini dihadirkan Kasi Lalintalkim Andi Muh Reza yang memaparkan, tentang proses permohonan paspor untuk cpmi dan pencegahan TPPO, sementata Perwakilan BP2MI Sulsel Bpk. La Ode Nur Slamet, juga memaparkan tentang sosialisasi Buku Saku PMI dan Persyaratan Untuk Bekerja di Luar Negeri.

Usai pemaparan kedua Narasumber tersebut, juga dilanjutkan dengan sesi diskusi/tanya jawab. Dalam diskusi tersebut mencuat, 3 pertanyaan yg terkait penerbitan paspor, proses pendaftaran antrian online permohonan paspor dan dokumen persyaratan untuk bekerja di luar negeri, dan bagaimana pencegahan TPPO ditingkat RT/RW.

Haerul Ikrar berharap, bahwa setiap perangkat Pemerintah Daerah Kecamatan Bacukiki, khususnya di Kelurahan Lemoe, agar dapat mendukung secara penuh kegiatan yang dilaksanakan.

"setiap stakeholder yang terlibat dalam rapat Pembentukan Desa Binaan Imigrasi, siap terlibat secara aktif untuk berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare terkait permohonan paspor dan pencegahan TPPO, " harapnya. (*)

  • Bagikan