Sofha Marwah Dorong Pemanfaatan Rumah Gizi untuk Tangani Wasting dan Stunting

  • Bagikan
Pj Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar membuka secara resmi Kampanye Nasional Peningkatan Kesadaran Masyarakat Tentang Wasting Dalam Rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional 2023, di Aula Tudang Sipulung, Senin, 6 November 2023.

Salah satu upaya yang juga penting dalam pencegahan wasting adalah dengan melakukan deteksi dini atau skrining secara rutin, dan bisa dengan pengukuran Lingkar Lengan Atas balita dengan pita LILA. Salah satu wadah untuk melakukan deteksi dini secara rutin adalah PAUD. Diharapkan melalui integrasi deteksi dini wasting di tingkat PAUD, anak balita wasting di tingkat PAUD dapat ditemukan secara cepat, dirujuk dan mendapatkan pelayanan yang cepat di fasilitas kesehatan.

"PAUD juga dapat menjadi sarana strategis untuk menyebarkan informasi dan edukasi kepada orang tua tentang pencegahan wasting dan stunting," pungkasnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan Kampanye Nasional Peningkatan Kesadaran Masyarakat Tentang Wasting dengan Tema “Ayo, Cegah dan Obati Wasting Biar Ga Stunting!” ini, informasi mengenai pentingnya wasting untuk dicegah dan diobati dapat tersebar luas secara massif dan seluruh lapisan masyarakat dapat ikut serta dalam upaya-upaya pencegahan dan pengobatan wasting agar tidak terjadi lagi stunting-stunting baru.

"Saya mengharapkan adanya upaya-upaya kreatif dan inovatif dalam pencegahan dan penanganan wasting dari semua stakeholder yang terlibat," pungkasnya. (Abu/A)

  • Bagikan