Perkuat Kapasitas Jurnalis, YLP2EM-Yayasan Bakti Gelar Pelatihan

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - YLP2EM melalui program yayasan BaKTI menggelar kegiatan Penguatan Kapasitas untuk Forum Media dan Jurnalis, di Cafe and Resto Amaish Kota Parepare, selama dua hari mulai 8 hingga 9 November 2023.

Kegiatan dibuka Koordinator Program Inklusi Parepare, Abd. Samad Syam, mewakili Direktur YLP2EM Ibrahim Fattah, di Ruang Pertemuan Cafe and Resto Amaish.

Direktur YLP2EM, Ibrahim Fattah mengatakan, salah satu pilar dari program inklusi adalah media, yang dapat berkaitan dengan pemberitaan, pembentukan opini atau publikasi yang dapat membangun perspektif melalui media.

Olehnya itu kata dia, dengan pelatihan ini untuk memberi pemahaman kepada para Jurnalis, terkait karya jurnalistik yang ke depan diharapkan tak lagi bias.

“untuk membangun persepsi yang sama tentang bagaimana idealnya pemberitaan yang perspektif inklusi, maka kami mengundang sejumlah media atau jurnalis untuk meningkatkan kapasitas, "jelas Ibrahim.

Ibrahim berharap, agar jurnalis secara inisiatif mendorong pemerintah daerah dan dprd untuk bagaimana melahirkan kebijakan-kebijakan yabg mendukung inklusi.

" misalnya kita melihat fasilitas umum atau perkantoran itu yang belum ramah terhadap difabel. Jarang perkantoran yang belum memiliki bidang miring, fasilitas kursi roda. Beda dengan instansi vertikal, "harapnya.

Sementara, Aktivis Anak, Perempuan, dan Difabel, Rusdin Tompo mengungkapkan, pihaknya berharap, setelah kegiatan ini, ada perubahan siginifikan terhadap hasil jurnalistik yang lebih ramah anak, perempuan, difabel dan kelompok minoritas,” tandasnya.

Adapun, pemateri lain yang hadir memberikan pemahaman terkait regulasi hak-hak anak, perempuan dan difabel yakni M. Ghufran H. Kordi K.

Materi lain yang diperoleh Jurnalis yang menjadi peserta yakni jurnalisme advokasi, identifikasi berita Bias beserta solusinya, dan hal-hal terkait masukan dan saran untuk menghasilkan produk jurnalistik yang tidak bias.(Yanti)

  • Bagikan