Pemprov Sulsel Siagakan Tim Dinas Kesehatan Kawal Pemilu dan Pilkada 2024

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, M Ishaq Iskandar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemprov Sulsel mengimbau pemerintah Kabupaten dan Kota di Sulsel untuk melakukan kesiap siagaan bidang kesehatan untuk pengawalan Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, M Ishaq Iskandar menyampaikan pihaknya telah melaksanakan deklarasi kesiapan untuk mengawal Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang yang, itu diikrarkan pada upacara Hari Kesehatan Nasional, di lapangan upacara rumah jabatan Gubernur Sulsel, Senin (13/11/2023).

Kata dia, kesiapan tenaga kesehatan untuk pengawalan pemilu merupakan salah satu inovasi dari Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin dan Sulsel menjadi daerah pertama yang melakukan hal tersebut.

“Sulsel menjadi wilayah pertama yang melaksanakan kesiap siagaan dalam mendukung suksesnya Pemilu dan Pilkada 2024,” paparnya, Senin (13/11/2023).

Ia melanjutkan, pihaknya juga telah menyampaikan surat edaran untuk kesiapsiagaan pemilu kepada pemerintah Kabupaten dan Kota yang ada di Sulsel untuk bidang kesehatan.

Ia membeberkan, saat ini pihaknya tengah merampungkan data jumlah TPS, Desa dan kelurahan untuk menjadi acuan dalam penempatan personel dan fasilitas kesehatan pendukung pada pemilu dan pilkada nantinya.

“Jadi kami juga sedang melakukan pendataan jumlah TPS dan Kelurahan dan desa untuk menempatkan Tim medis dan ambulancenya ada dokter dan perawat dan tenaga lainnya untuk membantu nanti memantau kesehatan petugas KPPS yang ada di TPS,” ulasnya.

Kata dia, bidang kesehatan TNI dan Polri juga bakal mengambil peran untuk mengawal pemilu serta keterlibatan Perguruan tinggi juga akan turut mewarnai.

“Kesiapsiagaan bidang kesehatan ini, juga akan melibatkan kesehatan dari TNI dan Polri, perguruan tinggi juga nanti akan diberikan surat tugas kepada tenaga kesehatan yang akan ditugaskan di pos kesehatan di desa,” ujarnya.

Ia mengutarakan, menengok dari peristiwa pada pemilu 2019 lalu, tentu pihaknya juga akan melakukan persiapan matang agar dapat meminimalisir kejadian serupa.

“Jadi kita berupaya menjaga pemilu kita yang sehat dan aman, damai dan selamat,” pungkasnya.

Untuk Informasi, pengawalan pemilu dan pilkada 2024 merupakan salah satu program prioritas Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. (Abu/B)

  • Bagikan