Danrem 141/Tp Kunjungi Kebun Pisang di Mare : Bone Harus Jadi Penunjang Ketahanan Pangan

  • Bagikan
Danrem 141/Tp, Brigjen TNI Sugeng Hartono saat mengunjungi lokasi pembibitan dan kebun pisang di Mare

BONE, RAKYATSULSEL - Kebun pisang di Desa Batugading dan Desa Tellongeng Kecamatan Mare Kabupaten Bone yang diprakarsai Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin mendapat perhatian dari sejumlah pihak, salah satunya Danrem 141/Tp, Brigjen TNI Sugeng Hartono.

Hal itu terbukti ketika Danrem 141/Tp Brigjen TNI Sugeng Hartono S.E MM melakukan kunjungan kerja pada salah wilayah binaan Kodim 1407/Bone yakni mengunjungi lokasi pembibitan dan kebun pisang PTPN XIV Arasoe di Dusun Cenrana Desa Tellongeng Kecamatan Mare Kabupaten Bone, Rabu (15/11/2023).

Di lokasi tersebut, orang nomor satu di Korem 141/Tp itu selain mendatangi kebun pisang juga mengunjungi lokasi pembibitan pisang Cavendish dan nanas.

"Jika melihat lokasi kebun pisang yang luasnya sudah mencapai ratusan hektare ini, maka tidak menutup kemungkinan Sulawesi Selatan, khususnya Kabupaten Bone akan menjadi daerah penghasil dan pengekspor pisang Cavendish," ujar Brigjen TNI Sugeng Hartono S.E MM.

"Selain itu dan yang paling utama adalah program gemar menanam pisang sudah terlaksana dengan baik walaupun masih kurang masyarakat kita yang ikut dengan program gemar menanam pisang tersebut dengan memanfaatkan lahan tidur sebagai salah satu unsur ketahanan pangan nasional," ujarnya lagi.

Bahkan Brigjen TNI Sugeng Hartono akan mengajak para Dandim dalam wilayah teritorial Korem 141/Tp untuk menimba ilmu terkait teknik pembibitan dan penanaman pisang Cavendish di Kecamatan Mare.

"Kita akan mengajak para Dandim untuk menimba ilmu terkait teknik pembibitan dan penanaman pisang Cavendish. Setelah itu semua Babinsa harus melakukan gerakan menanam pisang bersama masyarakat dalam wilayah binaannya yang memiliki lahan tidur," tambah Brigjen TNI Sugeng Hartono.

"Kalau perlu lahan tidur yang ada dipersiapan Ibukota Negara (IKN) RI kita kirim bibit pisang, sebab di sana (Kalimantan) yang banyak hanya kelapa sawit. Sementara salah satu buah yang prospek ekonominya menjanjikan adalah pisang," tambahnya lagi.

Hadir pada kegiatan tersebut Kasiter Korem 141/Tp Kolonel Suaib, Dandim 1407/Bone Letkol Inf Moch Rizqi Hidayat Djohar, Camat Mare Andi Hidayat Pananrangi, Kapolsek Mare Iptu Mas Jaya, Danramil 1407-15 Mare Kapten Inf Muh. Arsad, Kakorum Kipan C Yonif 726 /Tml.

Hadir pula Ketua TP-PKK Kecamatan Mare Andi Mutiara Banawa Andi Hidayat bersama pengurusnya, Kepala Desa Tellongeng bersama perangkatnya dan Kepala Desa Batugading bersama perangkatnya. (Enal)

  • Bagikan