Realisasi Investasi di Makassar Lampaui Target, Sektor Perdagangan dan Telekomunikasi Tertinggi

  • Bagikan
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Makassar, Zulkifli Nanda

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Realisasi investasi di Kota Makassar pada periode Januari hingga September 2023 mencapai Rp4,9 triliun atau 39,72 persen. Dengan sebaran realisasi untuk Penanaman Modal Asing (PMA) yakni sebesar Rp464 milyar dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp4,47 triliun. 

Capaian realisasi investasi tersebut meningkat signifikan dibandingkan tahun 2022 dengan periode yang sama yakni Rp3,2 triliun.

Berdasarkan data dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Makassar mencatat realisasi investasi tahun 2023 di Triwulan III ini mencapai Rp2,3 triliun. Nilai tersebut lebih ditinggi dibandingkan triwulan I yakni Rp1,3 triliun dan di triwulan II yaitu Rp1,1 triliun. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Makassar, Zulkifli Nanda mengungkapkan capaian pada triwulan ke III ini telah  melampaui target dari Pemerintah Kota Makassar untuk tahun ini yakni Rp4 triliun. Padahal, kata dia, capaian tersebut belum termasuk realisasi triwulan ke IV. 

"Alhamdulillah, kita dapat melampaui target padahal ini baru triwulan ke III," ujar Zulkifli.

Zulkifli mengungkapkan capaian realisasi investasi pada triwulan ke III tertinggi ini disumbang oleh sektor transportasi gudang dan telekomunikasi sebesar Rp1,28 triliun. Di mana, terdapat aktivitas jalan tol yang menyumbang sekitar Rp500 milyar lalu aktivitas telekomunikasi tanpa kabel (internet). 

Terkhusus untuk telekomunikasi, kata Zulkifli, dengan mencapai realisasi tertinggi ini menandakan bahwa Kota Makassar telah menjadi smartcity. 

"Kota yang memang semuanya serba internet, di mana menggunakan atau mengoptimalkan IT untuk baik masyarakat, pemerintahnya maupun peran sektor swasta," terang Zulkifli. 

Sementara itu, untuk penyumbang lainnya yakni disektor yakni perdagangan dan reparasi realisasi ivestasinya sebesar Rp931 milyar, lalu sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran sebesar Rp784milyar. 

Selanjutnya, sektor konstruksi sebesar 488 milyar dan untuk sektor jasa lainnya sebesar 553 milyar. 

"investor lagi giat-giatnya menanamkan modal di sektor perumahan dan seperti di CPI, Tallasa City dan jasa lainnya yaitu seperti Rumah Sakit (RS) swasta maupun universitas swasta di Kota Makassar," jelas Zulkifli. 

Maka dari itu, Zulkifli optimis realisasi investasi di Kota Makassar pada triwulan ke IV dapat mencapai hingga Rp5 triliun lebih. 

"Sementara perintah dari Pemerintah pusat dan instruksi dari Wali Kota Makassar agar meningkatkan realisasi investasi minimal lebih baik dari tahun lalu," tutup Zulkifli. (Shasa/B)

  • Bagikan