Peringatan Hari HAM Sedunia ke-75, Pj Gubernur dan Kakanwil Kemenkumham Babel Terima Penghargaan dari Menkumham

  • Bagikan
Pj Gubernur dan Kakanwil Kemenkumham Babel Terima Penghargaan dari Menkumham

Kadiv Yankumham Kanwil Kemenkumham Babel Fajar Sulaeman Taman mengatakan, bahwa indikator yang dinilai agar dapat predikat Kabupaten Kota peduli HAM didasarkan pada terpenuhinya Hak Sipil dan Politik serta Ekonomi, Sosial dan Budaya yang meliputi 120 indikator - indikator didalamnya sebagaimana diatur dalam Permenkumhan 22 Tahun 2021 tentang Kriteria Daerah Kabupaten / Kota Peduli Hak Asasi Manusia.

Fajar menuturkan, Piagam Penghargaan untuk Kab/ Kota tersebut nantinya akan diserahkan oleh Pj. Gubernur Babel kepada para Bupati/Walikota yang direncanakan pada tanggal 18 Desember 2023 bertempat di Kantor Gubernur Babel.

Direktur Jenderal HAM, Dhahana Putra menyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan di bidang pemajuan hak asasi manusia, baik itu pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat sipil, pelaku bisnis dan korporasi atas segala upaya dan kerja keras dalam mewujudkan Penghormatan, Pemenuhan, Pelindungan, Pemajuan dan Penegakan HAM (P5HAM).

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly dalam sambutannya mengungkapkan peringatan Hari HAM Sedunia Ke-75 yang mengusung tema “Harmoni Dalam Keberagaman” - dengan tagar #BedauntukBersatu tersebut diharapkan dapat menjadi momentum untuk merefleksikan prinsip-prinsip HAM.

“Peringatan hari HAM kali ini memilih tema Harmoni dalam Keberagaman dipandang relevan dan penting. Harmoni dalam keberagaman menjadi pengingat akan pentingnya mengakui, menghormati, dan merayakan beragaman Indonesia yang berlimpah,” ujarnya.

  • Bagikan