Hanura Sulsel Pilih Realistis Taerget Lima Kursi

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Sulawesi Selatan memilih realistis dalam perburuan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pada Pemilu 2024. Partai ini hanya menargetkan perolehan lima kursi dari yang sebelumnya tujuh kursi yang pernah didapatkan pada pemilu-pemilu sebelumnya.

Ketua Hanura Sulsel, Amsal Sampetondok menyatakan agak sulit untuk mengembalikan tujuh kursi yang pernah diraih Hanura di DPRD Sulsel. Menurut dia, perolehan lima kursi dinilai target yang lebih rill.

"Tentu dengan melihat komposisi caleg kami dan caleg partai lain, maka liima kursi itu sudah sangat cukup," uajr Amsal, Jumat (15/12/2023).

Dia mengatakan, target lima kursi tersebut bisa diperoleh karena partai ini diklaim punya gerakan yang jelas. Menurut Amsal, ideologi Hanura menjurus kepada demokrasi Pancasila. Itu sebabnya, arah perjuangannya lebih pada kesetaraan.

”Hanura itu jelas, suara demokrasi. Platformnya, ya, Pancasila. Jadi basis kami itu masyarakat daerah, tidak fokus di kota saja. Pengurus DPP berusaha memajukan daerah. Kalau kota maju tapi daerah tidak, bukan makmur namanya. Kami mau kesetaraan ini terwujud, tidak ada ketimpangan,” ujar Amsal.

Amsal mengaku, hal itu menjadi fokus kepada semua kader yang bergerak, khususnya para caleg karena mereka juga punya target untuk meraih kursi legislatif di semua tingkatan.

Untuk DPRD Sulsel, Amsal berupaya bisa meraih tujuh kursi, dari saat ini hanya satu. Kalaupun sulit, paling nihil dia menargetkan lima kursi karena di beberapa dapil memang masih ada yang dikosongkan karena persaingan yang berat.

”Paling mentok, ya, lima kursi. Luwu Raya pasti satu. Terus Dapil I, III, IV dan V masing-masing satu kursi. Itu paling mentok. Karena dapil tujuh, delapan, sembilan, itu saya kosongkan. Masih terlalu berisiko untuk kami di sana,” beber dia.

Sementara untuk kabupaten/kota, kata dia, semua dapil terisi penuh. Hanya Luwu saja yang kosong di dua dapil. Namun begitu, dia tetap optimistis perolehan kursi tetap naik dari 43 saat ini menjadi 53-55 kursi pada 2024.

”Di Luwu ada dua kosong, yang lain penuh semua. Kondisi sekarang kan kursi Hanura di kabupaten/kota ada 43. Kalau saya mau sukses, harus naik dong. Jadi target minimal saya 2024 itu untuk kabupaten/kota bisa dapat 53 sampai 55 kursi,” imbuh dia. (fahrullah/B)

  • Bagikan