Balas Dendam di Laga Tutup Tahun

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - PSM Makassar akan menantang Persik Kediri pada laga lanjutan kompetisi Liga 1 di Stadion Brawijaya, Keiri, Jawa Timur, Senin (189/12/2023) sore nanti. Partai akan tersaji di pekan ke-23 ini merupakan laga terakhir sebelum jeda panjang kompetisi. Otomatis, menutup tahun 2023, kedua tim ingin meraih hasil maksimal.

Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares dan Pelatih Persik Marcelo Rospide ingin mempertahankan rekor tak terkalahkan timnya. Arsitek PSM Makassar Bernardo Tavares belum terkalahkan dalam tujuh laga. Empat di Liga 1 Indonesia dan tiga di AFC Cup. Tavares cukup percaya diri hadapi tuan rumah. Kemenangan di AFC Cup saat menekuk Sabah FC 3-1 menjadi modal penting.

Selain itu, Tavares mempunyai misi balas dendam. Pada pertemuan pertama lawan Persik Kediri di Kota Parepare, Juku Eja takluk. Kekalahan itu memperpanjang catatan buruk Laskar Pinisi kala berhadapan dengan Macan Putih. Sejak 2003, Pasukan Ramang belum pernah menang saat bertandang ke Stadion Brawijaya. Ini menjadi satu target penting Tavares untuk memperbaiki catatan itu.

Dari 19 kali pertemuan, Macan Putih menang 8 kali, hasil imbang lima kali, enam kemenangan untuk Juku Eja. Pasukan Ramang pernah menang satu kali lawan Persik Kediri, namun saat itu sistem bubble dan Macan Putih tidak bermain di Stadion Brawijaya.

Kemenangan pada partai ini cukup krusial. Pertama akan mengakhiri rekor buruk pertemuan PSM lawan Persik. Kedua, memantapkan posisi di klasemen Liga 1 Indonesia. Serta menutup laga terakhir dengan tiga poin sebelum jeda panjang kompetisi.

Namun itu tidak akan mudah. Arsitek Macan Putih Marcelo Rospide main di kandang sendiri. Otomatis tidak ingin dipermalukan di hadapan pendukung sendiri. Poin penuh target pelatih asal Brasil ini. Ambisi Marcelo untuk menggenapkan raihan positifnya dengan tidak terkalahkan dalam lima laga. Empat laga terakhir Renan Silva cs belum kalah.

Macan Putih punya modal penting setelah menjadi perusak rekor Persib Bandung. Secara mengejutkan Persik Kediri tekuk Persib Bandung 2-0 pada laga away. Pemain baru yang didatangkan membuat timnya semakin solid. Secara skuat setiap lininya dihuni pemain berkualitas. Tambahan Ze Valente di lini tengah Macan Putih semakin garang.

Ze Valente juga bisa berperan sebagai second striker. Bahkan Ze Valente sudah buat asist di laga perdananya bersama Persik Kediri. Asistenya membawa Macan Putih menang tipis 1-0 di markas Arema Fc. Pemain satu ini ancaman nyata Pasukan Ramang.

Pengamat sepakbola, Assegaf Razak mengatakan Ramang muda punya semangat juang tinggi. Ini yang mampu jadi pembeda dalam suatu pertandingan. Semangat juang dan motivasi butuh jam terbang. Sehingga penting bagi Juku Eja memberikan pemain muda menit bermain.

“Masih ada penyerang kita yang lain, masih ada lokal yang bagus-bagus itu dimanfaatkan saja, PSM punya semangat yang tidak dimiliki klub lain,” kata Assegaf, kemarin.

“Inilah yang perlu dipertahankan bagaimana semangat pemain,” tambahnya.

Menurut Assegaf, penting bagi Laskar Pinisi mengamankan poin sebelum jeda kompetisi. Tujuannya untuk mencapai target empat besar di akhir kompetisi. Selain itu, mengamankan posisi juara bertahan di papan atas klasemen Liga 1 Indonesia.

“Supaya laga ini sebelum kita rehat bisa mendapatkan hasil yang positif itu yang kita harapkan supaya kita naik posisi lagi karena target kita masuk di empat besar,” imbuh dia.

Hanya saja PSM kembali diterpa isu tak sedap terkait kondisi tim. Penyerang asing mereka yakni Victor Mansaray beberapa hari lalu membuka aib klub yang tidak membayar gajinya dua bulan terakhir.

Mansaray bahkan meminta manajemen klub untuk memutus kontraknya fan tidak ikut berangkat ke Kediri. Masalah itu disinyalir tidak hanya menimpa Mansaray tapi juga pemain lain. Tentu kondisi seperti itu bisa sangat mengganggu fokus pemain dalam mempersiapkan diri menghadapi Persik.

Tavares sendiri menyatakan bangga dengan performa pemainnya saat mengalahkan Sabah di Malaysia. Kini sang pelatih berharap suporter tetap memberikan dukungan dalam laga berikutnya di Liga 1.

"Sekarang kami akan fokus ke Liga Indonesia. Para pemain tentu butuh dukungan untuk mendapatkan energi tambahan," papar Tavares usai kemenangan atas Sabah.

Kabar yang beredar Mansaray dan manajemen klub PSM telah menemui kata sepakat perihal penunggakan gaji. Striker Amerika Serikat itu juga dikabarkan telah siap bermain menghadapi Persik. Keberadaan Mansaray tentu sangat krusial bagi PSM.

Sejak bergabung di putaran kedua, Mansaray sudah mengemas 3 gol dari 5 pertandingan. Persik di sisi lain bisa saja kembali menduetkan Zé Valente dan Renan Silva sebagai pengatur permainan tim. Pekan lalu kolaborasi keduanya berjalan sangat apik di Bandung hingga membuat mereka mematahkan tren kemenangan Persib.

Teka-Teki status Victor Mansaray akhirnya sudah terjawab jelang laga menghadapi Persik Kediri. Sang pemain dipastikan akan tampil bersama PSM Makassar ketika bersua tim tuan rumah Persik Kediri di pekan ke-23 kompetisi Liga 1 musim 2023/2024.

Hal tersebut dipastikan setelah sang pemain sendiri terlihat ikut bersama tim berjuluk Juku Eja itu di sesi official training jelang menghadapi Persik. Sebelumnya, manajemen tim PSM Makassar secara tidak langsung menyebut sang pemain masih bertahan di tim.

Mansaray masih dijadwalkan berangkat di rombongan tim untuk berlaga di Stadion Brawijaya. Dengan adanya kabar ini dan kepastian ini, maka pemain asal Amerika Serikat itu bisa dipastikan bertahan dan masalahnya bersama tim kemungkinan sudah terselesaikan.

Bernardo mengungkap kondisi timnya jelang laga menghadapi Persik Kediri. Dia menyebutkan, kondisi timnya bisa dikatakan tidak dalam kondisi yang baik. Sebab mereka minim waktu istirahat dan persiapan tentunya.
Setelah berlaga di ajang AFC Cup 2023/2024 pada 14 Desember lalu, mereka harus menempuh perjalanan untuk kembali berlaga pada 18 Desember mendatang.

“Pertandingan terakhir kita di tanggal 14 dan besok (hari ini) kita melakukan perjalanan selama seharian penuh dan tanggal 16 kita latihan ringan dan 17 kita lakukan official training,” kata Bernardo Tavares di sesi konferensi pers jelang laga, Minggu (17/12/2023).

“Bukan persiapan yang bagus tentunya dengan sedikitnya waktu yang kita punya,” jelasnya.

Melihat kondisi timnya, pelatih asal Portugal itu tetap berjanji untuk berusaha meraih hasil yang terbaik di pertandingan kali ini. Dengan memaksimalkan kekuatan di skuadnya saat ini dan kondisi yang tidak terlalu baik Tavares mengaku siap menghadapi laga ini.

“Tapi, itulah kondisinya dan kita akan coba maksimal apa yang kita miliki,” terangnya.

Sementara itu, Macan Putih tidak diperkuat dua legiun andalannya, yakni Anderson bek tengah dan Jefinho ujung tombak. Anderson mendapatkan sanksi akumulasi kartu harus absen satu laga. Kartu kuning itu didapatkan saat menang lawan Persib Bandung. Sementara Jefinho masih dibekap cedera. Pemain ini sudah delapan laga terakhir absen membela Macan Putih.

Selain itu, Jefinho juga pencetak gol kemenangan Persik Kediri saat bertemu Pasukan Ramang. Tim asuhan Marcelo Rospide ini akan pincang menghadapi juara bertahan.

Persik Kediri dalam momentum bagus jelang laga melawan PSM. Pekan lalu mereka sukses membuat kejutan ketika mengalahkan Persib Bandung 0-2 di kandang lawan. Kemenangan itu untuk sementara membuat Persik menempati peringkat 6 klasemen Liga 1 dengan koleksi 33 poin.

Marcelo mengungkap timnya tidak akan tampil dengan skuad penuh saat bersua PSM Makassar. Dua pemain dari Persik kemungkinan besar bakal absen di laga kali ini. Mereka adalah Hamra Hehanusa dan Anderson Nascimento.

Untuk pemain Hamra diperkirakan bakal absen karena masih dalam tahap pemulihan cedera. Sementara untuk Anderson Nascimento, ia absen karena harus menjalani akumulasi kartu.

"Hamra masih akan melakukan beberapa tes lagi sebelum pertandingan besok, Jika Hamra bermain besok kabar baik, tetapi jika Hamra tidak bermain, pemain pengganti juga tetap memainkan di level yang sama," kata Marcelo
"Anderson akan absen akumulasi kartu," sambung dia.

Meski begitu, pelatih asal Brazil ini mengungkap jika ia sudah mengantisipasi hal tersebut dan sudah menyiapkan pemain pengganti. Dia percaya dengan kedalaman skuad yang saat ini dimiliki. Dan ia yakin bisa meraih kemenangan ketika bersua sang juara bertahan PSM Makassar.

"Kemarin Agung sudah bermain sangat baik, pemain yang mempunyai skil yang sangat bagus, pemain berpengalaman, dan saya percaya 100 persen Agung akan menjalankan tugasnya dengan baik besok," tuturnya.

"Sepanjang musim ini, saya sudah mengalami banyak masalah seperti pemain cedera, kemudian akumulasi kartu. Tetapi saya senang memiliki kedalaman tim yang cukup baik," imbuh dia. (fahrullah/B)

  • Bagikan