Pj Bupati Bone Kunjungi Puskesmas Mare, Ini Tujuannya

  • Bagikan
Pj. Bupati Bone didampingi Camat dan Forkopincam Mare saat menerima Tim Akreditasi Puskesmas di Puskesmas Mare.

BONE, RAKYATSULSEL - Penjabat (Pj) Bupati Bone, Andi Islamuddin mengunjungi Puskesmas Mare Kecamatan Mare Kabupaten Bone, Kamis (21/12/2023).

Kehadiran Pj Bupati Bone di Puskesmas Mare dalam rangka menerima kehadiran Tim Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Bone.

Dalam sambutannya, Andi Islamuddin mengharapkan, semoga kehadiran Tim Akreditasi di Kabupaten Bone, khususnya di Puskesmas Mare dapat meningkatkan mutu pelayanan di bidang kesehatan.

"Saya selaku Pemerintah Kabupaten Bone menyampaikan apresiasi kepada Kepala UPT Puskesmas Mare beserta seluruh staf yang telah bekerja dengan sepenuh hati dalam mempersiapkan pelaksanaan penilaian akreditasi ini," ujar Andi Islamuddin.

"Untuk mempersiapkan pelaksanaan penilaian akreditasi membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit dan kerjasama dari seluruh pihak terkait. Semoga penilaian ini dapat berjalan lancar sesuai yang kita inginkan bersama," lanjutnya lagi.

Kata dia, kegiatan akreditasi ini sebagai upaya peningkatan kualitas Puskesmas untuk mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan pelayanan masyarakat, memberikan perlindungan terhadap kesehatan pasien dan masyarakat, lingkungan maupun sumber daya manusia di Puskesmas, meningkatkan mutu dan pelayanan ke masyarakat sesuai koridor atau regulasi.

Pelayanan kesehatan di Puskesmas yang berkualitas memegang peranan penting dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah sebagai pelayan publik yang merupakan salah satu pilar dalam memenuhi tuntutan reformasi birokrasi.

Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan tingkat pertama menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan daerah kabupaten dalam memenuhi standar pelayanan minimal kesehatan, sehingga kinerja Puskesmas akan berpengaruh langsung terhadap kinerja Dinas Kesehatan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone.

Masyarakat menghendaki pelayanan yang aman dan bermutu serta dapat menjawab kebutuhan mereka. Oleh karena itu, upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien dalam pengelolaan Puskesmas sangat diharapkan.

"Puskesmas Mare harus mampu menunjukkan pelayanan yang bermutu dan mengutamakan keselamatan pasien dan bahkan itu harus menjadi budaya kerja Puskesmas Mare," ujar H Andi Islamuddin.

"Dengan demikian kita bisa meningkatkan akan kepercayaan masyarakat, sehingga dapat memberikan jaminan mutu, kepuasan dan perlindungan ke masyarakat," pungkasnya. (Muh Enal)

  • Bagikan