Kompleksitas Kehidupan dan Tahun Baru

  • Bagikan

Karena itu, kedamaian sejati dalam pandangan Islam bukan sekadar tiadanya perang. Kedamiaan dan ketenteraman hidup sejati justru hadir ketika Islam telah disempurnakan pada keempat aspeknya.

Solusi Menghadapi Materialisme

Pandangan hidup materialis melahirkan ragam konsep kehidupan sebagai aktualisasinya. Konsep ekonomi kapitalis misalnya, terlahir untuk semakin memperkuat kungkungan paham materialisme dunia modern. Manusia semakin rakus, egois, bahkan buas demi memperkaya diri tanpa pertimbangan etika dan kemanusiaan.

Di sìnilah Islam kemudian hadir dengan konsep-konsep kehidupan yang terbangun dengan “mindset” positif mengimbangi tendensi destruktif dalam kehidupan manusia.

Satu, Islam mengajarkan bahwa kehidupan ini secara totalitàs berada di bawah satu kontrol, Allah SWT. Seperti yang digambarkan salah satunya di ayat pertama Surah Al-Mulk.

Dua, bahwa semua hiruk pikuk yang terjadi dalam hidup manusia merupakan kreasi atau ciptaan Allah (alladzi khalaqal mauta wal-hayata). Dan dalam pandangan iman, semua kreasi Allah pasti baik/sempurna dan membawa kebaikan.

Tiga, Islam mengajarkan bahwa tabiat kehidupan dunia itu memang identik dengan cobaan (liyabluwakum), karennya manusia beriman mempersiapkan diri untuk teruji.

  • Bagikan