Kompleksitas Kehidupan dan Tahun Baru

  • Bagikan

Empat, Islam mengajarkan bahwa tugas manusia dalam kehidupan adalah menjalani proses (wa quli’maluu). Dan proses itu sendiri merupakan tujuan hidup (ibadah), karenanya manusia beriman menikmati semua proses dengan segala warna-warninya.

Lima, Islam mengajarkan bahwa dengan iman semua pasti membawa kepada kesuksesan. Berkali-kali iman dan amalan keimanan dalam Al-Quran diakhiri dengan “la’allakum tuflihuun” (agar kalian sukses).

Enam, pada akhirnya Islam mengajarkan bahwa tingkatan tertinggi dari aspirasi kehidupan manusia adalah “kebahagiaan ukhrawi”. Karena itulah kehidupan pasti dan abadi. “Maka barangsiapa yang diselamatkan dari api neraka dan dimasukkan ke dalam surge, sungguh dia telah beruntung” (Al-Imran).

Semoga di awal tahun ini kita semua semakin sadar bahwa Islam adalah ajaran keselamatan (salvation) dari ancaman kebangkrutan dunia modern yang semakin senja. Tentu yang terpenting adalah agar umat ini kembali menguatkan keyakinan bahwa Islam adalah “rahmatan lil-alamin”… yang membawa kebaikan dunia dan akhirat.

Selamat memasuki Tahun 2024. Semoga tahun ini membawa kebaikan dan keberkahan yang lebih besar. Amin!

Jamaica City, 01 Januari 2024

  • Bagikan