Resolusi Partai Politik 2024, Begini Saran Akademisi Unhas

  • Bagikan
Pengamat Politik Unhas Tasrifin.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Politik di Sulsel dan nasional mengimpikan menjadi pemenang di pemilu 2024. Seperti apa resolusi yang harus diambil partai politik di tahun 2024 ini.

Pengamat Antropologi Politik Unhas, Dr. Tasrifin Tahara, menyebutkan, di tahun 2024 merupakan tahun yang menjadi penantian bagi rakyat Indonesia.

"Terkhusus bagi aktor aktor politik karena pada tahun 2024 ada pemilihan calon legislatif, pemilihan presiden, pemilihan DPD dan pemilihan kepala daerah," jelasnya, Senin (1/1/2024).

Dengan demikian, akademisi Unhas itu berharap untuk perhelatan pesta demokrasi mendatang bisa bermartabat agar bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.

"Di tahun 2024 ini kita menentukan masa depan Indonesia dan menjadi titik awal menuju Indonesia Emas 2045," tuturnya.

Lantas, bagaimana resolusi partai lama dan baru di Sulsel agar meraih kursi di parlemen. Menurutnya,  partai lama dan partai baru pun semua menyiapkan diri dalam kontestasi karena itu berbagai strategi untuk merebut suara rakyat agar partai-partai tersebut memperoleh kursi di parlemen.

Bagi partai lama ini merupakan evaluasi kinerja mau lanjut atau tidak mendapatkan kursi. Bagi partai baru musti punya strategi khusus agar bisa meraih kursi di parlemen.

"Tapi saya masih yakin partai partai besar saat ini masih bertahan, dan saya berharap kepada partai besar yang bertahan agar menjaga amanah dari rakyat," sebutnya.

Lantas, apa ada upaya dan langka dilakukan seperti apa?. Dia menyarankan agar parpol lakukan perbaikan kapasitas partai.

"Dan juga kualitas para caleg agar bisa amanah dan menjadi ruang atau arena perjuangan kepentingan rakyat," demikian saran Tasrifin. (Yadi/B)

  • Bagikan