Bawaslu Maros Ingatkan Parpol Peserta Pemilu Segera Sampaikan LADK, Deadline 7 Januari

  • Bagikan
Ilustrasi Laporan Awal Dana Kampanye

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Maros mengingatkan Partai Politik peserta pemilu 2024 untuk segera menyampaikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK). Penyampaian LADK dilakukan paling lambat 14 hari sebelum hari pertama Kampanye dalam bentuk Rapat Umum. 

"Penyampaian LADK merupakan kewajiban bagi peserta pemilu, baik itu partai politik, calon perseorangan, maupun pasangan calon. LADK disampaikan kepada KPU sesuai tingkatkan dengan mengirimkan data dan dokumen yang diunggah melalui aplikasi Sikadeka (Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye)," kata Ketua Bawaslu Maros, Sufirman. 

"Sesuai ketentuan Peraturan KPU Nomor 18 Tahun 2023, LADK disampaikan kepada KPU, 14 hari sebelum hari pertama Kampanye dalam dalam bentuk Rapat Umum, artinya sudah harus disampaikan sebelum pukul 23.59 waktu setempat tanggal 7 Januari 2024," lanjutnya. 

Sufirman menerangkan, Bawaslu secara berjenjang akan melakukan pengawasan ketat terhadap pelaporan Dana Kampanye oleh peserta pemilu. Pengawasan tersebut dilakukan untuk memastikan kepatuhan dan ketepatan waktu peserta pemilu dalam menyampaikan laporan Dana Kampanye sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Bawaslu akan melakukan pengawasan terhadap kepatuhan peserta pemilu di Kabupaten Maros dalam melaporkan dana kampanye kepada KPU, di semua tahapan pelaporan, baik LADK, LPSDK dan LPPDK," tegasnya.

  • Bagikan