Berbenah, Puskesmas Maccini Sombala Kini Raih Predikat Paripurna dari Kemenkes

  • Bagikan
Tim Surveyor Kemenkes Kunjungi Puskesmas Maccini Sombala dalam rangka Penilaian Akreditasi Puskesmas, 7-9 Desember 2023 kemarin.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Maccini Sombala di Kecamatan Tamalate milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar kini meraih predikat Paripurna dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Sertifikat ini berlaku 9 Desember 2023-9 Desember 2028.

Kepala Puskesmas Maccini Sombala Drg Dewi Ariyani merasa bersyukur dengan raihan Sertifkat Akreditasi Kategori Paripurna dari Kemenkes. Sebab, sebelumnya hanya akreditasi dasar sehingga hal ini menjadi pemicu untuk berbenah.

"Alhamdulillah, ini peningkatan luar biasa. Ada perubahan yang kita lakukan yaitu mutu pelayanan dari segi sarana dan prasarana," ujar Drg Dewi Ariyani, Kamis (11/1).

"Dulu memang belum lengkap, alhamdulillah sekarang sudah lengkap serta sumber daya petugas sudah memadai dalam memberikan pelayanan ke masyarakat," tambahnya.

Dewi--sapaan akrabnya, prosesi penilaian ini dilakukan selama tiga hari, 7-9 Desember 2023. Kemudian hasilnya, penilaian dikirim oleh Surveyor ke Kemenkes. Setelah diterima oleh Kemenkes lalu menerbitkan sertifikat penilaian.

"Nah, baru terbit ini sertifikat penilaian dari Kemenkes di tanggal 8 Januari 2024 kemarin," jelasnya.

Dewi menambahkan Akreditasi Puskesmas adalah suatu proses penilaian terhadap Puskesmas yang dilakukan oleh tim Surveyor yang independen untuk mengukur tingkat mutu pelayanan Puskesmas Maccini Sombala.

"Untuk meraih Akreditasi Paripurna, Puskesmas Maccini Sombala telah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam menghadapi survei Akreditasi ini dan telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan, baik dari segi sarana dan prasarana dan sumber daya manusia," tegasnya. (Armansyah)

  • Bagikan