Mahasiswa UC Bantu Kembangkan Produk dan Penjualan Sambel Mijo

  • Bagikan
Tim mahasiswa UC bantu pengembangan Sambel Mijo

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Mahasiswa Universitas Ciputra (UC) Makassar mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan lewat kerjasamanya dengan produk UMKM lokal Makassar bernama Sambel Mijo. 

Sambel Mijo merupakan sebuah produk dari makanan cepat saji khas Jepang. Dengan sentuhan lokalnya, makanan cepat saji  ini memiliki keunikan pada sambal yang menjadi ciri khas dari produknya.

Dalam kerja sama tersebut, mahasiswa UC berupaya memberikan masukan dan solusi guna mengembangkan Sambel Moji melalui optimalisasi media sosial. 

Pada bulan Oktober 2023, tim mahasiswa melaksanakan kegiatan pengabdian dengan teliti memahami permasalahan utama yang dihadapi oleh Sambel Moji, yaitu peningkatan penjualan.

Salah satu mahasiswa UC, Wendy Wijaya menjelaskan masukan yang diberikan 

berdasarkan hasil kunjungan dan wawancara, tim mahasiswa selanjutnya merumuskan rencana peningkatan penjualan melalui penerapan strategi media sosial.

"Solusi yang diusulkan mencakup langkah-langkah praktis, seperti pembuatan poster menu dengan desain menarik yang ditempel di Instagram feed, pemanfaatan fitur tanya jawab di Instagram Story untuk mendapatkan feedback langsung dari pelanggan, kombinasi konten hard selling dan soft selling, serta penggunaan Instagram Ads untuk meningkatkan jangkauan pasar," Jelas Wendy

Selain itu, tim mahasiswa juga telah memberikan pelatihan terkait pemasaran digital, seperti pengenalan tools kecerdasan buatan (ChatGPT dan Microsoft Copilot), penjelasan terkait pembentukan tim content creator dan evaluasi efektivitasnya, serta pemberian saran terkait konten untuk meningkatkan kualitas dan relevansi.

"Keseluruhan kegiatan ini diharapkan dapat membantu Sambel Moji dalam meningkatkan penjualan dan eksistensinya melalui media sosial, khususnya Instagram. Dengan strategi yang terencana baik, diharapkan UMKM lokal ini dapat terus berkembang dan menjadi pilihan favorit para konsumen di Makassar," tutupnya. (Hikmah/B)

  • Bagikan