PT Yamaha Berbagi Tips Mengendarai Motor Saat Hujan

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Instruktur YRA and Community PT Yamaha Indonesia Motor Mfg Muhammad Arief berbagi tips bagi para penggendara sepeda motor. Apalagi curah hujan yang intens akhir-akhir ini menuntut pengguna sepeda motor untuk meningkatkan kewaspadaannya saat sedang berkendara.

"Dengan kondisi jalan yang basah dan tergenang air, tentu membuat resiko kecelakaan menjadi lebih besar. Untuk itu, fokus yang tinggi, persiapan yang matang serta pemahaman berkendara yang baik dan pemilihan jalur yang tepat, menjadi poin-poin yang penting untuk menjaga safety riding ketika berkendara di musim hujan seperti ini,” ujarnya Kamis (25/1/2024).

Pertama yang harus dipastikan adalah motor dalam kondisi sehat. Dari segi persiapan, hal pertama yang harus dicek oleh pengguna sepeda motor sebelum berkendara adalah memastikan motornya dalam kondisi yang layak jalan.

"Bila ada komponen motor yang dirasa perlu untuk dicek lebih lanjut atau bahkan diganti, konsumen sepeda motor Yamaha dapat memanfaatkan aplikasi My Yamaha Motor. Karena melalui aplikasi ini, mereka dapat mengecek lokasi dealer terdekat hingga membuat jadwal booking service secara mudah dan praktis dengan smartphone," tambahnya.

Selanjutnya adalah membawa jas hujan. Menurut Arief Jas hujan menjadi salah satu perlengkapan berkendara yang wajib dibawa saat musim hujan karena fungsinya yang dapat meminimalisir pakaian pengendara menjadi basah dan juga meredakan terpaan angin serta hawa dingin yang langsung ke badan.

Selanjutnya adalah memilih rute aman ketika berkendara saat hujan, pemilihan rute juga menunjang faktor keselamatan dalam berkendara.

Berikutnya adalah berhenti ketika hujan deras dan tidak melanjutkan berkendara karena jarak pandang yang pasti terganggu dan genangan air dijalan membuat sepeda motor menjadi sulit dikontrol. Terakhir, cuci komponen motor yang dikendarai sebab saat hujan biasanya menjadi kotor akibat lumpur dan tanah yang menempel sehingga bisa menyebabkan karat.

"Apabila motor mengalami malfungsi sehabis menerjang hujan ataupun jalanan yang tergenang, sebaiknya pengendara bisa langsung datang ke bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan pengecekan lebih lanjut,"tutupnya. (Hikma/B)

  • Bagikan