Masuk Top 10 KEN 2024, F8 Makassar Siap Digelar Juli 2024

  • Bagikan
Penutupan F8 2023 yang berlangsung pada tanggal 23 hingga 27 Agustu 2023 yang lalu, di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Makassar International Eight Festival (F8) kembali masuk pada Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Itu diumumkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam acara peluncuran Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 di Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (28/1/2024).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Mohammad Roem mengatakan keberhasilan F8 masuk dalam KEN 2024 menunjukkan hasil nyata dari kerjasama antara sektor swasta dan pemerintah. Yakni keterlibatan PT F8 dan pemerintah baik Pemkot, Pemprov, maupun Pemerintah Kota. "Karena sekali lagi, F8 menjadi wajah dari Indonesia timur khususnya Sulawesi," terang Roem.

Ia mengatakan kehadiran F8 berhasil memberikan kontribusi besar bagi ekosistem kreatif di Kota Makassar.

"F8 bisa eksis dan memberikan ruang seluas luasnya bagi pekerja kreatif di Kota Makassar. F8 itu posisinya swasta sedangkan pemerintah itu mendukung ketika event-event lainnya digelar di Makassar pasti Pemkot mendukung," jelas Roem.

Tak hanya itu, Roem melanjutkan pelaksanaan F8 2024 akan digelar lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya, yakni pada tanggal 24 hingga 28 Juli 2024.

Alasannya, kata Roem, untuk menghindari gesekan dengan jadwal pelaksanaan Pilkada yang rencananya akan berlangsung di bulan September 2024.

Lebih jauh, Roem mengatakan F8 telah mendapat perhatian internasional, terbukti pada adanya sejumlah negara yang tertarik dengan melakukan kontak ke Dinas Pariwisata Kota Makassar.

Di mana, kontak tersebut langsung dihubungkan oleh PT F8 untuk ditindaklanjuti. "Ini sudah dinantikan oleh beberapa negara, sudah menghubungi pemkot dan kami sudah sambungkan ke PT F8," jelas Roem.

Maka dari itu, kata Roem, PT F8 berkomitmen untuk pelaksanaanya mendatang akan mempersembahkan yang lebih baik lagi.

"Adapun dari PT F8 akan memperbaiki hal hal yang dianggap kurang dan mempertahankan yang sudah baik," tutup Roem. (Shasa/B)

  • Bagikan