Gen Z Antusias Hadapi Pemilu 2024

  • Bagikan
Suasana Deklarasi Pemilu Damai Putih Abu-abu di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (29/1/2024). Foto: ABU HAMZAH/RAKYATSULSEL/A

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Generasi Z sebagai pemilih pemula antusias dalam menghadapi Pemilu 2024. Hal itu dibuktikan dengan Deklarasi Pemilu Damai yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel bersama seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulsel, Ketua OSIS se-Sulsel, dan Kepala UPT Dinas Pendidikan Sulsel di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Senin, 29 Januari 2024.

Ketua Umum Forum Osis Provinsi Sulsel dari SMA Negeri 9 Makassar, Muhammad Abtar mengatakan, sebagai Generasi Z tentu masih akan beradaptasi dengan isu politik.

Kata dia, beberapa persoalan yang selama ini terkesan biasa saja, namun pada konteks pemilu (Politik) harus ditakar dengan baik dan bijak, baik persebaran informasi ataupun sikap yang mesti diambil sebagai pemilih pada Pemilu.

“Kadang kami biasa menganggap itu isu biasa saja, akan tetapi ternyata harus betul hati-hati sebagai pemilih pemula harus pandai memilih isu atau informasi yang bisa diambil ataupun tidak,” ujarnya.

Ia mengutarakan, antusiasnya sebagai pemilih pemula sangatlah besar, apalagi pemilu kali ini gelaran yang berkesan sebab hal itu adalah kali pertamanya menyalurkan hak pilihnya memilih pemimpin bangsa.

“Antusias kami sangat tinggi untuk tahun pertama memilih, termasuk pelajar untuk bisa memilih langsung calon pemimpin Indonesia termasuk di Sulsel,” ungkapnya.

Ia mengaku terus menggaungkan Pemilu Damai. "Saya juga mengajak teman sebaya untuk bisa menjadi pemilih yang adil dan jujur sesuai dengan hasil deklarasi,” pungkasnya.

Sementara itu, siswi salah satu SMK di Makassar, Dafina zaskia Tsabita (17) menyampaikan dirinya tentu akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 14 Februari nanti, apalagi dirinya baru saja melakukan perekaman E-KTP yang sudah bisa menjadi bukti saat di TPS nanti. “Karena tidak boleh golput, satu suara itu sangat berarti,” jelasnya. (Abu/B)

  • Bagikan