FK Unhas Gelar Orientasi Mahasiswa Program Dokter Spesialis

  • Bagikan
Orientasi mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis dan Sub Spesialis di Auditorium Amiruddin FK Unhas, Selasa (30/1/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil menyelenggarakan acara orientasi mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis dan Sub Spesialis di Auditorium Amiruddin pada Selasa (30/1/2024).

"Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WITA ini merupakan momen penting bagi 375 mahasiswa yang telah diterima di program dokter spesialis dan sub spesialis," ujar Dekan FK Unhas, Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Kes., Sp.GK., Sp.PD-KGH(K)., FINASIM.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Dekan Fakultas Kedokteran, Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat dr. Wahidin Sudirohusodo (RSWS), Direktur Utama RSPTN Unhas, serta para manajer dan wakil Dekan.

Lebih lanjut, Prof. Haerani Rasyid menyampaikan selamat kepada para mahasiswa yang berhasil diterima dan menekankan pentingnya menjaga etika, kompetensi, dan keterampilan selama perjalanan studi mereka.

"Kita memiliki tanggung jawab untuk menghasilkan para spesialis yang mampu memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan," ujar Prof. Haerani Rasyid.

Sementara itu, Dr. dr. A. Muh. Takdir Musba, Sp.An-KMN, Kepala Pusat Program Pendidikan Dokter Spesialis, menyampaikan bahwa Program Pendidikan Dokter Spesialis Fakultas Kedokteran Unhas terus berkembang seiring dengan tuntutan masyarakat dan negara.

"Jumlah residen saat ini mencapai 1922, dan orientasi ini merupakan langkah awal menuju studi yang akan berlangsung hingga 8 Februari 2024," katanya.

Direktur Utama RSPTN Unhas, yang diwakili oleh Direktur Pelayanan Penunjang Medik, dr. Abdul Azis, Sp.U., Subsp.onk(K), menyampaikan apresiasi atas peningkatan layanan di RS Unhas. Ia berharap para peserta dapat menjadikan RS Unhas sebagai rumahnya dan menjaga etika dalam hubungan dengan Ikatan Dokter Indonesia.

Orientasi ini menjadi lebih istimewa karena melibatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Makassar. Mereka akan memberikan materi penuh tentang etika profesi, diharapkan memberikan wawasan lebih kepada para mahasiswa.

"Semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini berharap agar Program Pendidikan Dokter Spesialis di Fakultas Kedokteran Unhas terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat," harapnya. (Yadi/A)

  • Bagikan